Tebe RK Melakukan Advokasi Sensitifitas Hak Kesehatan Seksual Reproduksi


Beritacendana.com- Kupang,- Teman Belajar Remaja Kupang (TeBe RK) menyelenggarakan Workshop advokasi sensitifitas Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR).

Untuk pencapaian layanan Ramah Remaja yang komprehensif pada 11 Kelurahan yang ada di Kota Kupang. Hal ini dilaksanakan Workshop di Jaya Pita Guest House Jumat, 6/12/2019.

Narwaty Adonis, mahasiswi STIKes Nusantara Kupang, semester lima (V) sebagai Ketua TeBe RK, dalam sambutannya mengatakan bahwa sampai saat ini TeBe RK sudah mendampingi 2 Puskesmas yang mengimplementasikan Posyandu Remaja.

Oleh karena itu mimpi besar Komunitas TeBe RK yakni adanya 1.000 Posyandu Remaja bagi Remaja Kota Kupang yang bisa di akses oleh remaja sendiri.

TeBe RK juga mendorong 11 Puskesmas yang ada di Kota Kupang untuk membentuk Posyandu Remaja di Wilayah masing-masing dengan kerjasama lintas sector diantaranya dari pihak Keluruhan.

Ketua TeBe RK Berharap dalam workshop hari ini, dimana tidak hanya sebatas mempertemukan 11 kelurahan ,11 Puskesmas dan 11 kelompok remaja, namun membuat sebuah komitmen bahwa di tahun 2020 akan terbentuknya Posyandu remaja di Kota Kupang yang di dalamnya ada pojok Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR).

Yang menyediakan informasi dan layanan kesehatan terkait HKSR remaja. Dimana kelurahan sebagai ujung tombak yang akan mempersiapkan generasi-generasi sehat dan cerdas yang berdampak pada indeks pembangunan kedepannnya."Harap Narwaty"

Ni Made Oka Arpini Kasuma, SP., M.Kes. Sebagai Pengelola Usia Sekolah dan Remaja pada Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyampaikan apresiasinya pada TeBe RK yang sudah dengan niat baiknya bekerja sama dalam mendorong adanya pembentukan Posyandu Remaja di seluruh Kota Kupang ini. Jelasnya.

"Dua Posyandu Remaja yang sudah terbentuk sekarang di wilayah Puskesmas Oepoi dan Oesapa".

Saya Berharap dua Posyandu Remaja yang sudah terbentuk ini menjadi acuan untuk lainnya yang akan segera di bentuk pada tahun 2020 ini. TeBe RK tetap menjadi garda depan dalam upaya pencapaian tujuan yang sudah menjadi komitmen kita bersama.

Selanjutnya Defiandi Selan sebagai tamu undangan, mewakili Organisasi Jaringan Mahasiswa Kesehatan Kota Kupang (JMK3) yang juga sebagai Ketua Umum JMK3, mengatakan bahwa luar biasa berlangsungnya workshop hari ini sangat positif untuk kebaikan kita bersama ke depannya, kita dari JMK3 mendukung penuh mimpi TeBe RK ini untuk pembentukan Posyandu Remaja di Kota Kupang.

Defiandi juga berharap TeBe RK terus bersinergi dan terbuka selalu dalam bekerjasama dengan lintas sector serta pihak terkait lainnya yang dapat mendorong tujuan baik ini demi terciptanya Pos Yandu Remaja dan pastinya akan sangat berguna untuk smua masyarakat di Kota Kupang tercinta ini.

"Dan juga ke depannya lewat Pos Yandu Remaja yang akan di bentuk, kiranya semua remaja juga berkesempatan dapat meningkatkan kapasitas diri serta bisa mengembangkan minat dan bakat dari berbagai kegiatan yang ada nantinya". Harap Ketua JMK3. (FS).

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot