Redaksi & Profil

Media ini Diterbitkan Oleh CV. CENDANA JAYA MEDIA 



Alamat Redaksi : Jalan. R.W Monginsidi Gang 1 Kelurahan Fatululi Kota Kupang Provinsi NTT 

Penasehat Hukum.

1. Charles Primus Kia, SH,

2. Mikhael, A. A. N Tamonob, SH.


Wartawan media ini dilengkapi dengan Kartu Pers, Ketika oknum yang mengaku sebagai Wartawan Berita-Cendana namun tidak memiliki Kartu Pers dan Namanya juga tidak tercantum dalam Box Redaksi itu bukan Wartawan BC.

Nomor Kontak Redaksi: 085 238 171 103, Nomor telepon, SMS, WhatsApp.

 Profil Berdirinya Media Online Berita-Cendana

Media Berita-Cendana hadir dengan slogan;  Sorotan Teraktual dan Terpercaya. Pada dasarnya Media terus berkembang seiring perkembangan zaman, media makin berkembang pesat dengan munculnya internet. Awal kelahiran media dengan memanfaatkan internet terjadi pada tahun 1990. Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan yang disebut World Wide Web atau yang biasanya disingkat dengan WWW.

Pertumbuhan web sebagai media online semakin meningkat pesat, terdapat dua faktor yang mempengaruhi mengapa web melonjak tinggi. Pertama, dikarenakan teknologi dan infrastruktur sudah menyebar dalam jumlah besar di masyarakat khususnya telepon dan komputer. Kedua, web juga multifungsi dan internet juga mempunyai fungsi yang meluas dan mudah diakses oleh seluruh orang didunia yang sudah memiliki sambungan internet.

Media online atau biasa dikenal dengan internet adalah hasil dari persilangan teknologi komunikasi yang menawarkan kepada pengguna sebagai media yang berfungsi sebagai alat komunikasi antar manusia atau juga disebut media interaktif, dimana media memungkinkan partisipasi aktif baik pengirim maupun penerima. Media online bisa menampung berita teks, image, audio dan video. Berbeda dengan media cetak, yang hanya menampilkan teks dan image. ”Online” sendiri merupakan bahasa internet yang berarti informasi dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet.

Di NTT terlihat kemajuan media online makin pesat, sehingga menjadi alasan pendirian Berita-Cendana.com untuk mengikuti perkembangan teknologi dan digitalisasi, kemudian menciptakan wartawan masa depan bagi Daerah NTT, khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Dampak dari koneksi internet mudah diperoleh secara terbuka seperti hotspot (WiFi) di ruang-ruang publik di Kota Kupang dan banyaknya penggunaan smartphone di hampir seluruh daerah di NTT, sehingga minat masyarakat terhadap media online makin tinggi dapat dilihat sebagai salah satu peluang untuk menarik pembaca terhadap peristiwa yang terjadi di daerah atau berita lokal. 


 Sejarah.


Berita-Cendana berdiri pada tanggal 9 September 2019 dengan postingan atau unggahan berita pertama di situs tersebut pada 12 September 2019. Media online ini didirkan atas dasar inisiatif Yulius, pencetus dan pemimpin redaksi Berita-Cendana. Meida online ini hadir dari kekecewaan Yulius karena gagalnya bekerjasama dengan sebuah media cetak Cendana News yang pada akhirnya mati. Dari rasa kecewa itu ia bertekad membangun sendiri media dengan nama yang sama (Cendana News). Belakangan, saat akan mendaftar, ternyata nama Cendana News telah memiliki domainnya sendiri. Sehingga, akhirnya ia menggunakan nama itu dalam versi bahasa Indonesia, yaitu Berita Cendana.

Alasan lain pemilihan nama Berita-Cendana adalah Yulius berasal dari keluarga tani penghasil cendana terbesar (dulu) di Oinlasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Selain itu, ia juga merupakan alumnus Sosiologi, FISIP Universitas Nusa Cendana, yang sejak duduk di bangku kuliah sudah menjadi kontributor dan penulis di beberapa media. Ia berharap suatu saat media ini menjadi besar dan bermanfaat bagi masyarakat, tercermin dari nama media ‘Cendana’ yang membawa aroma wangi dan manfaat. Suatu saat orang juga akan tahu bahwa pendirinya pasti mempunyai hubungan dengan Undana.

Ia menjadi penulis lepas dan belajar menulis sebagai wartawan selama 3 tahun. Dengan kepercayaannya ia sendiri mencoba untuk mengambil resiko dengan mengajak bekerja sama orang-orang yang dipercayai. Dalam struktur awal ia lebih banyak mengajak kerabat yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, seperti hukum, sosiologi, teknik, dan lainnya. Pemilihan ini ia lakukan untuk dapat lebih mudah bekerjasama dan meminimalisir resiko, termasuk bagaimana memberi upah kepada wartawan. Ia juga memiliki relasi kontributor dan penulis lepas dari Kabupaten Belu, TTS, TTU, Lembata, Kupang, dan Kota Kupang.

Pada 5 Oktober 2021, media Berita-Cendana sudah memiliki SK Kementerian Hukum dan HAM dan akta notarisnya yang bernama Cendana Jaya Media. Media sudah jauh lebih berkembang dari isi berita, jumlah postingan dan jumlah pembaca. Iklan pertama yang diterbitkan adalah permintaan dari Pemerintah Kota Kupang dengan bayaran sebesar 1 juta rupiah. 

 

 Visi dan Misi Media Online Berita-Cendana.

 Visi


  1. Menjadi Perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dan informasi dan mengikuti

 perkembangan dan kemajuan teknologi untuk menghasilkan produk jurnalistik yang

 mencerminkan independensi media.


 Misi

  1.  Memberikan informasi yang aktual, terpercaya, dan berimbang serta tepat dan cepat. 

  2. Menjadi tempat yang baik untuk berkarir dan belajar

  3. Memberikan hasil yang optimal bagi pemegang saham 

  4. Media yang menjadi wadah periklanan online 


 Fungsi dan Manfaat Media Online.


Pada praktiknya, fungsi media online ini sama saja dengan media massa pada biasanya. Berikut ini ia lah beberapa fungsi media online:

 1. Fungsi Informasi

 2. Fungsi Sosialisasi

 3. Fungsi Pendidikan

 4. Fungsi Memajukan Kebudayaan

 5. Fungsi Hiburan


 Tugas 

  1. Menyajikan konten digital bagi masyarakat berupa informasi aktual secara tepat dan cepat

  2. Memberikan konten digital yang menarik, mengedukasi dan menghibur.

 Wewenang

 Wewenang utama dari tugas setiap bidang peliputan dan pemberitaan dalam media adalah mengawal pembangunan di daerah NTT, khususnya daerah yang berada di tanah Timor dan mengontrol kebijakan-kebijakan pemerintah dan memastikan tidak terjadinya tindakan-tindakan yang menyeleweng dari para pemangku jabatan, salah satu cotnohnya adalah tindakan korupsi dan kriminalisasi terhadap kaum yang lemah (marjinal). Mempromosikan wisata-wisata alam di NTT, terutama yang masih belum dikenal masyarakat luas. 


  Makna dari Logo adalah :

 Warna Merah Putih, warna dasar hitam: melambangkan warna bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia. Merah artinya berani dan putih artinya kesucian, yang mana kaitannya dengan media berarti berani mengungkapkan fakta-fakta. Kesuciannya bahwa suci menyuarakan kebenaran dan keadilan dan menjaga independensi media.




0/Komentar/Komentar