FKIP San Pedro Melepas Mahasiswa PPL

Berita-Cendana.com-Kupang,- Prodi FKIP, Universitas San Pedro melakukan pelepasan mahasiswa PPL sebanyak 31 orang dari 4 prodi yaitu: program studi pendidikan bahasa inggris, program studi pendidikan sekolah dasar, program studi pendidikan jasmasini kesehatan dan rekreasi, program studi pendidikan luar biasa.

Ajito Thimothy, S.Pd.,M. Pd. Selaku Dekan FKIP, Universitas San Pedro Kupang, Saat ditemui di ruang kerjanya pada hari Jumat, 04/09/2020, ia menyampaikan kepada mediah ini bahawa, kemarin kita ada pembukaan bagi mahasiswa semester 7 yang akan melaksanakan kegiatan PPL di sekolah-sekolah baik yang ada di Kota maupun di Kabupaten.

PPL itu adalah tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa guru, jadi bagaimana mereka mengimplementasihkan materi yang mereka dapat selama 6 semester sehingga mereka bisa praktekkan di lapangan.

"Oleh karena itu, sifatnya harus mengetahui beberapa aspek yaitu: pengetahuan, sikap, ketrampilan dan ditambahkan dengan ite, dan dari 4 komponen itu harus  terintegrasi ketika mereka menjadi guru-guru yang hebat".

Dan tujuan dari pelaksanaan PPL itu juga bisa memadukan antara praktek dan teori,  sehingga mereka bisa mengusai 4 kompotensi dasar. Lanjunya.

1. Kompotensi profesional.

adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Kemampuan mengelola pembelajaran didukung oleh pengelolaan kelas, penguasaan materi belajar, strategi mengajar dan penggunaan media belajar.

2. Pedagogik.

Kompetensi pedagogik berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas bersifat dinamis. Ini dapat terjadi karena komunikasi atau interaksi timbal balik antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Keberagaman siswa didalam kelas juga akan memerlukan keterampilan seorang guru dalam mendisain program pembelajaran.

3. Sosial.

Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai pendidik untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan warga sekolah maupun warga dimana guru berada. Kemampuan sosial ini dapat dilihat melalui pergaulan sosial guru dengan siswa, rekan sesama guru maupun dengan masyarakat dimana ia berada.

4. Kepribadian.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut ditiru merupakan filosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian. Ditiru karena guru diyakini mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup siswanya. Seorang guru ditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.

Kita juga berpesan kepada mereka untuk menjaga nama baik sendiri dan nama baik Universitas San Pedro. Dan kita juga berpesan agar selalu mengikuti protokol kesehatan covit-19. Tegas Ajito

Konradus Silvester Jenahut, Spd.M.Pd. Selaku Ketua Prodi PGSD dan sekaligus Pemateri menjelaskan terkait dengan PPL mahasiswa fakultas perguruan ilmu pendidikan Universitas San Pedro tahun 2020-2021 dilaksanakan disaat massa pandemi covit 19.

"Oleh karena itu di samping kita mempersiapkan mereka dalam pembakalan, kemudian kita juga memberikan mereka banyak materi untuk bisa mempersiap'kan mereka untuk ketika mereka turun ke lapangan".

Salah satuNya adalah: bagaimana merancang pembelajaran yang inovatif dan kreatif selama pembelajaran jarak jauh ini kita arahkan mahasiswa untuk bisa memanfaatkan teknologi dan informasi, sehingga mereka bisa merancang pembelajaran yang evektif, inofatif dan yang kreatif. TutupNya

Penulis: Agustinus Tamelab

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot