TNI Survey 4 Mata Air, 2 Mata Air Desa Sahan Layak

BERITA-CENDANA.COM AMANATUN,- Tentara Nasional Indonesia (TNI) angkatan darat telah melakukan survey pada 4 mata air di Desa Sahan, 2 mata air layak untuk dibantu dengan pompa hidram.


Pantauan media Berita-Cendana.com di Desa Sahan RT 1 dan RT 16 pada hari Rabu, 11/08/2021, Babinsa Koramil 04 Nunkolo, Serda Agustinus Baka dan Yohanis Donbosko Tamonob bersama masyarakat setempat melakukan survei pada 4 titik sumber mata air.


 "Mata Air Oenaek layak untuk digunakan pompa hidram, lucuranpun bisa karena geografis alam juga bagus, pekerjaan air, bantuan pompa hidram dari angkatan darat untuk Air Oenaek Dusun 1 dan Dusun 4 debitnya cukup. Untuk luncurkan ke badan pompa juga bagus," jelas Babinsa Agustinus Baka.


Menurut Agustinus Baka dalam keterangan Persnya bahwa sumber mata air yang layak untuk dikerjakan dari 4 mata air yang telah disurvey oleh TNI bersama masyarakat terdapat 2 sumber mata air yakni  Oenaek Fatuboin Desa Sahan dan mata air Oenaek Bobok Desa Sahan, kalau sumber mata air Oebubun dan Oemetboki kecil jadi tidak bisa. Jelasnya.

Ket. Video Sumber Mata Air Oenaek Desa Sahan


Pada tempat yang sama, Serda Yohanis Donbosko Tamonob Kepada media juga bahwa sumber mata air cukup sehingga TNI melakukan survey mata air Oenaek Fatuboin dan Bobok dalam rangka bantuan pompa hidram. Donbosko Tamonob juga meminta masyarakat Fatuboin Desa Sahan untuk menjaga dan melindungi sumber mata air yang ada dengan cara merawat dan menanam pohon yang lebih banyak lagi agar mata air tetap terjaga, Jelasnya.


Yohanis juga berharap agar masyarakat tetap mendukung TNI untuk membangun mata air demi kesejahteraan masyarakat Fatuboin. Pantauan media ini antusiasme masyarakat sangat tinggi karena telah memagari sumber mata air Fatuboin dengan batu untuk membendung air menuju bak transit yang nanti di luncuran, jaraknya kurang lebih 500 meter, jelas.


Kepala Dusun 4 Desa Sahan sebagai pemilik mata air Oenaek, Oemetboki dan Oebubun Desa Sahan kepada media ini bahwa sangat mendukung TNI dengan menyerahkan sumber mata air tersebut untuk diurus oleh TNI angkatan darat demi kesejahteraan masyarakat dusun 4 Desa Sahan, jelas Imanuel Missa.


Lanjut Imanuel, sebagai Kepala Dusun 4 juga ia mendukung penuh, karena di dusun 4 tersebut ada 4 RT sangat membutuhkan air.


Harapannya, dengan kehadiran TNI yang telah melakukan survey semoga dengan waktu yang cepat dapat memasang pompa hidram untuk air ini dapat dinikmati oleh masyarakat Dusun 4, harap Imanuel Miss.


Penulis: Yulius Tamonob.



0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot