PSK Karang Dempel Dipulangkan


BERITACENDANA.COM- KUPANG,-Pekerja seks komersial (PSK) yang menghuni lokalisasi Karang Dempel dipulangkan ke Kampung halaman Jumat, 4/10/2019. Eks PSK ini mendapat bantuan biaya dari Kemensos RI.

Pemulangan eks PSK ini dirangkai dengan deklarasi “Menuju Indonesia Bebas Prostitusi 2019.” Tampak hadir Direktur Rehabilitasi Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kemensos RI, Drs. Waskito Budi Kusumo, M.Si, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang Elvianus Wairata, unsur Forkopimda Kota Kupang, Ketua Yayasan Warna Kasih (YAWAKAN), Drs. Darius Djara, pimpinan perangkat Daerah Kota Kupang, Camat Alak Ridhon Alexander Bire, S. IP. Lurah Se-Kecamatam Alak dan Ketua LPM Kelurahan Alak Yuliana Pau.

Acara ini diserahkan Bantuan Sosial UEP, Bantuan Jaminan Hidup, Bantuan Transportasi Pemulangan dan Biaya Operasional Lembaga dari Direktur Rehabilitasi Sosial dan Korban Perdagangan Orang Kemensos RI, Drs. Waskito Budi Kusumo, M.Si yang diterima oleh Penjabat Sekda Kota Kupang, Ir. Elvianus Wairata, M.Si kemudian dibagikan kepada 68 eks PSK Karang Dempel. Total bantuan sebesar Rp 416.000.000.


Penjabat Sekda Kota Kupang Elvianus Wairata mengatakan Pemrintah Kota Kupang terus berusaha sejak awal untuk mewujudkan Indonesia Bebas Lokalisasi Prostitusi 2019. Dan akhirnya ini bisa dihujudkan dengan dipulangkannya eks PSK Karang Dempel melalui bantuan Kementerian Sosial.


Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Sosial Kota Kupang juga terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap tempat atau spot lain yang dicurigai,  melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini agar mencega lokalisasi di Kota ini.
“Saya harap, pendamping dari Dinas Sosial Kota Kupang yang ikut serta dapat membantu memfasilitasi proses administrasi kependudukan di daerah tujuan,” kata Elvianus.

Ia juga menyampaikan harapan baiknya kepada eks PSK agar dapat beralih profesi dan mengikuti kegiatan penyuluhan maupun pelatihan di daerah asal sehingga meningkatkan keterampilan yang dimiliki. (**).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot