Penjabat Kades Noelbaki Kabupaten Kupang Resmi Dilantik

Berita-Cendana.com-Kabupaten Kupang,- Penjabat Kepala Desa Noelbaki Kabupaten Kupang Resmi dilantik pada 5 Januari 2021. Acara ini sekaligus dengan serah terima jabatan dari Kepala Desa definitif ke penjabat yang baru dilantik di Aula Kantor Desa Noelbaki.


Acara pelantikan penjabat kepala desa yang baru yakni Yulius Tallo, S. Pd menggantikan posisi Kades Sander Luiz. Pantauan wartawan, acara dihadiri oleh Kapolsek Kupang Tengah, Danramil 2604- 01 Kupang, Rohaniawan Pendeta Magdel Takalapeta- Sadukh, Ketua BPD dan anggota, ketua PKK, para ketua  RT/RW, Dusun dan para tokoh yang ada di wilayah Desa Noelbaki.


Camat Kupang Tengah Ridolf Talaan, SH bertindak sebagai pejabat yang melantik penjabat tersebut. Camat dalam hasil wawancara bersama wartawan media ini mengatakan bahwa dengan pelantikan penjabat ini maka diharapkan agar proses selanjutnya dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai prosedur yang sudah ada. "Ya..saya atas nama Bupati Kupang melantik penjabat Kepala Desa Noelbaki. Sesuai SK Bupati Kupang, masa jabatan penjabat yang dilantik ini adalah sampai dengan dilantiknya Kepala Desa definitif". Pengisian penjabat seperti ini terjadi karena Kepala Desa definitif telah berakhir masa jabatannya pada akhir Desember 2019 sehingga sebelum ada pemilihan Kepala Desa definitif maka supaya tidak terjadi kekosongan pemerintahan, bupati perlu mengangkat Penjabat Kepala Desa sesuai undang- undang desa dan harus berasal dari ASN aktif lingkup kecamatan yang  diusulkan oleh camat", jelasnya.


Camat juga menegaskan beberapa point penting yang harus dikerjakan oleh penjabat yang baru dilantik. "Segera setelah dilantik, harus membentuk panitia pemilihan kepala desa mengingat tahun ini seluruh kepala desa yang telah berakhir masa jabatannya akan dilaksanakan pilkades yang akan mulai berproses dari bulan April dan pada bulan Desember pelantikan kepala desa terpilih. Bersama BPD segera melaksanakan penetapan APBDes karena musyawarah sudah selesai dan jika sudah ada pagu indikatif dana desa maka segera menetapkan  APBDes tahun 2021.


Segera memperbaiki semua data penerima bantuan sosial karena data penerima manfaat selalu mempersoalkan data. Jadi semua komponen yang ada di desa harus dilibatkan terutama para RT sebagai ujung tombak yang tau persis domba dombanya harus lebih teliti. Jikalau ada data yang tidak benar maka orang pertama yang disalahkan adalah RT". tegas Camat.


Lebih lanjut Camat berharap agar seluruh komponen di desa dapat bekerja sama demi Desa Noelbaki. "Saya minta kepada seluruh komponen masyarakat untuk mendukung dan bekerjasama dengan Penjabat kepala desa, jangan cari cari kesalahannya, jangan biarkan dia bekerja sendiri. BPD punya peran penting bersama-sama dengan penjabat kepala desa merumuskan berbagai kepentingan dan aspirasi masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab, harus kompak dan satu suara dalam melayani masyarakat. 


Membangun koordinasi dengan semua pemangku kepentingan agar pelaksanaan pilkades nanti aman, lancar dan sukses. Terus memberi motivasi kepada tim penanggulangan covid-19 untuk desa agar selalu ada di tengah-tengah masyarakat, menghimbau serta memberi bantuan sesuai aturan yang  berlaku. Jaga masyarakat kita agar tertib dan terhindar dari bahaya virus mematikan ini". Harapnya.


Penulis: Aryson Leksi Betty

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot