Undarma Kupang Lakukan Giat Pemberdayaan Masyarakat dan Sosialisasi MKBM

Berita-Cendana.com-Kupang,- Civitas Akademika Universitas Karyadarma Kupang melakukan kegiatan Sosialisasi dan Pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Sulamu Kabupaten Kupang untuk mendukung iklim Industri Pariwisata Super Premium International Labuan Bajo di New Normal Live.


Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, 21/12/2021, di Kelurahan Sulamu dibuka secara langsung oleh Lurah Sulamu dan menandai Universitas secara resmi untuk  dapat mensosialisasikan  Kebijakan Penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat berbasis Hasil penelitian dan Purwarupa PTS DITJEN RISTEK DIKTI Tahun anggaran 2021.


 

Rektor Undarma Kupang Magda, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan untuk mengembangkan kesejahteraan berbagai pihak, ini bukan hanya untuk kampus tetapi bagaimana masyarakat bisa terbantu dalam memenuhi kebutuhan. 


Kegiatan sosialisasi berlangsung dengan pemaparan materi oleh Pak Piter Boimau sebagai pemateri pertama yang mengurai secara tuntas terkait alat dan bahan Inkubator bisnis mesin pengering Ikan. Sedangkan pemateri kedua Pemateri Pak Marten Rato, menjelaskan tentang pengembangan kemitraan strategis, teknik dan taktik inkubator bisnis. 


Dalam sesi diskusi salah seorang Tokoh masyarakat Bapak Lape mengatakan “kami yang mendiami pesisir pantai memang pekerjaan kami adalah nelayan berarti kerja menangkap ikan, tetapi kami adalah buru. Kenapa saya bilang buru karena kami menggunakan alat orang lain yang hanya titip kepada kami sehingga kami kerja bagi hasil. Oleh karena itu, dengan kehadiran kampus sangat membantu kami dalam untuk membangun usaha ini menggunakan alat kita sendiri” jelasnya.


Haji Manek sebagai ketua Rw 01 Sulamu mengatakan “memang kami menangkap ikan tetapi bertanggung jawab kepada Bos (pemilik barang) sehingga kehidupan kami terbatas. Karena kehidupan terbatas inilah membuat anak-anak kami putus kuliah, bahkan sempat kuliah tetapi selesai kembali menjadi tamu dan pelayan dalam rumah sendiri”.


Untuk menyambung apa yang menjadi permintaan perwakilan masyarakat nelayan terkait mencari jalan  keluar agar anak boleh lanjut Studi, Dekan Fakultas Keguruan dan Humaniora(FKH), Antonius Kato, M. Hum menerima dan memberi semangat kepada orang mudah dan anak-anak serta semua orangtua yang hadir untuk menyekolahkan anak ke Undarma sebagai jawaban atas tertundanya anak-anak yang sempat melanjutkan studi. Kampus Undarma siap menerima anak-anak untuk melanjutkan studi” katanya.


Tambah Wakil Rektor satu bidang akademik dan akreditasi Jidon Nubatonis, SH.,MH mengatakan untuk menjawab apa yang disampaikan oleh Bapak dan Ibu perlu dipikirkan bersama demi keberhasilan dan anak-anak dapat melanjutkan studi. Jika semua boleh berjalan dengan baik maka akan dicarikan solusi baik itu kuliah online maupun tatap muka.


Seusai kegiatan sosialisasi, secara terpisah, media ini meminta tanggapan Ketua Panitia Rofin Hale, S. Pd,. M. Hum, sebagai ketua panitia dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa harus bekerja keras untuk sebuah kegiatan yang besar ini guna mendukung kegiatan Tridarma Perguruan tinggi, selain itu untuk menjalin kerjasama masyarakat dan Kampus Undarma yang merupakan kegiatan pengabdian dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi bagian terpenting.


Lanjut Kepan “saya mengapresiasi antusias masyarakat, pemerintah, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan seluruh Mahasiswa yang begitu semangat dalam partisipasi.


Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Rektor Undarma, Ibu Magda, M.Si bersama seluruh Civitas Akademika Universitas Karyadarma Kupang dan seluruh masyarakat Nelayan suku Bajo. (Rista).



0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot