Dua Embung Desa Fatulunu TTS Mubasir


Ket. Foto: Embung A.

Beritacendana.com- NTT,- Dua Embung di Kabupaten Timor Tengah Selatan Kecamatan Amanatun Selatan Desa Fatulunu terlihat hanya dipenuhi oleh rumput alang-alang alias Mubasir dan tak digunan hal ini dipantau langsung oleh wartawan beritacendana.com se-pekan lalu.

Kedua Embung ini dibangun pada tahun 2015 lalu dan tidak pernah ada air baik itu musim hujan maupun musim panas seperti saat ini.

Saat ini, kondisi embung tidak lagi terlihat seperti embung pada umumnya. Embung tersebut dipenuhi  oleh rumput alang-alang.
Ket. Foto: Embung B

Diduga kuat tidak sesuai spek atau spesifikasi sehingga embung tersebut tanah langsung retak dan saluran pembuangannya ambruk di saat musim hujan tiba. Dan tidak ada penahan sama sekali sehingga pada musim hujanpun tidak perna ada air yang tertampung.

Dana Desa ini katanya mau Sejahterakan masyarakt Desa  Fatulunu tetapi kenyataannya hanya sebagai khayalan mimpi belaka yang menyapa masyarakat seutuhnya.

Tak diketahui persis berapa anggarannya dan siapa pelaksana pekerjaanya namun diduga embung yang bernilai hampir mencapai Rp 200 juta per embung lebih ini dikerjakan asal jadi dan tak sesuai spesifikasi teknis (spek).

Pantauan Beritacendana.com. pekan lalu, dasar embung ini kering dan tanahnya retak – retak dan hanya dipenuhi rerumputan kering. Di satu sisi, saluran pembuangan embung ini sudah ambruk. Tak ada sedikitpun air di embung ini, selain karena musim kemarau saat ini namun terlihat tidak pernah ada genangan air di dasar embung juga.

Masyarakat di sekitaran Embung yang tak mau mediakan namanya mengaku bahwa 2 embung ini dulu menggunakan terpal pada awalnya untuk menada air hujan namun tahun pertama saja dan sampai saat sekarang Embung tersebut yang dipenuhi oleh rumput alang-alang dan tidak pernah ada air sama sekali saat hujanpun.

Menurut  warga sekitar mengaku sangat kecewa karena embung yang harusnya dibangun untuk membantu menyediakan air untuk pertanian dan peternakan mandi dan cuci ternyata tidak pernah digunakan sama sekali.

Kami mau buat bagaimana lagi hanya  kekecewaan yang kami rasakan,  karena awalnya sudah disampaikan bahwa embungnya akan membantu, ternyata setelah dibangun tidak sempat pakai tapi langsung rusak berat dan tidak bermanfaat sama sekali. (Tim/Red)

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot