Jurnalis Muda NTT Peduli Sampah Bersama Berbagai Organisasi




Beritacendana.com-  Kota Kupang,-Jurnalis muda NTT melakukan aksi pungut sampah di kampung Nelayan Kelurahan Oesapa Kota Kupang NTT, Jumat (10/01/2020).

Dalam aksi pungut sampah tersebut juga dibuka secara resmi oleh Lurah Oesapa, Kiai Kia. Lurah Oesapa, Kiai Kia mengatakan bahwa baru pertama kali ada jurnalis yang melakukan aksi sosial seperti ini di wilayahnya.

Lanjutnya, selama ini banyak jurnalis yang datang untuk melakukan kegiatan peliputan, maupun kegiatan lainnya, namun aksi sosial jurnalis di Kelurahan Oesapa baru yang pertama kali. Saat mendapat surat bahwa akan ada aksi sosial dari jurnalis muda saya sangat senang dan bersyukur karena masih ada anak-anak mudah yang mau pedulih sama lingkungan" kata Kia.

“Tingkat kesadaran masyarakat di wilayah saya masih sangat minim akan sampah jadi saya berharap dengan adanya aksi pungut sampah ini bisa membuat masyarakat khususnya di wilayah ini bisa sadar akan kebersihan di lingkungan mereka,”jelasnya.

Eppy Manu Ketua Jurnalis Muda NTT menyampaikan bahwa, Gerakan pungut sampah sebelumnya melibatkan Kepala Dinas (Kadis) Kebersihan Kota Kupang dan Kadis Pariwisata Kota Kupang namun entah kenapa kedua kepala dinas yang sebelumnya berjanji akan hadir namun entah ada halangan apa maka mereka membatalkan untuk hadir bersama Jurnalis Muda dalam aksi pungut sampah.

Koordinator jurnalis muda NTT Eppy Manu menyampaikan bahwa jurnalis bukan saja berperan dalam medsos namun jurnalis juga harus berperan dalam aksi nyata.

"Selama ini jurnalis diidentikan dengan pemberitaan yang merupakan bentuk kontribusi bagi masyarakat namun hari ini jurnalis bukan saja berada dalam ruang pemberitaan, namun jurnalis ikut ambil bagian dalam gerakan sosial yaitu pungut sampah sebagai bentuk kontribusi dan kepedulian terhadap persoalan sampah di Kota Kupang, selain itu juga merupakan bentuk gerakan untuk meminimalisir terjadinya resiko bencana seperti banjir akibat sampah yang menumpuk," ujar Eppy.

Disela-sela aksi pungut sampah, Koordinator Komunitas Lopo Milenial, Robinson Atte, mengungkapkan kekagumannya akan semangat jurnalis muda NTT dan peserta aksi.

"Mengamati aksi pungut sampah bersama jurnalis muda NTT terlihat ada semangat yang luar biasa yang ditunjukkan oleh peserta dari aksi ini. Hal ini terlihat dari perubahan yang terjadi di pantai yang sebelumnya kotor, hitung waktu saja, terlihat bersih," ungkap Robbin.

Gerakan pungut sampah bersama Jurnalis Muda NTT melibatkan kurang lebih 80 peserta dari berbagai organisasi dan Komunitas di Kota Kupang, yang dimana ikut ambil bagian dalam aksi pungut sampah di Kampung Nelayan Oesapa.

Penulis : Agustinus Tamelab

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot