Aktivis 98 Apresiasi Presiden Jokowi Kunjungi Kyiv dan Moskow Sebagai Penyejuk


Berita-Cendana.Com- Jakarta,-  Rencana Presiden Ir. H. Joko Widodo akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv dan Presiden Vladimir Putin di Moskow pada akhir Juni mendapat apresiasi oleh kalangan aktivis 98. Tokoh Aktivis Barisan Rakyat Indonesia Kawal Demokrasi (Barikade 98), Aznil Tan  memuji langkah Presiden Jokowi tersebut merupakan sejarah besar untuk perdamaian dunia.


"Acungan jempol setinggi-tingginya pada Presiden kita  yang akan temui Presiden Putin dan Zelensky. Indonesia tidak boleh diam dan membiarkan peperangan Rusia - Ukraina, demi perdamaian dunia," kata Aznil Tan ke media, Jakarta (24/07/2022).


Aznil Tan menilai Jokowi memiliki solusi tepat untuk mengakhiri peperangan Rusia - Ukraina. Peran Indonesia datang sebagai pembawa kesejukan kedua belah pihak negara.


"Kehadiran Indonesia sebagai penyejuk bukan tukang kompor. Saya yakin Jokowi memiliki solusi jitu mendamaikan kedua belah pihak agar hidup berdampingan dan saling menguntungkan serta saling menjaga harkat martabat masing-masing negara, sehingga peperangan bisa disudahi" jelasnya.


Aznil Tan lebih lanjut menjelaskan makna Presiden Jokowi sebagai Ketua G20 berkunjung ke Kyiv dan Moskow menjadi tonggak sejarah lahirnya resolusi perdamaian dunia di abad 21.


"Bangsa-bangsa di Eropa itu sejak nenek moyangnya sudah saling berperang. Setelah perang dunia ke 2, mereka seperti api dalam sekam. Nah, Indonesia sekarang sebagai Ketua G20, ini momentum yang tepat Jokowi hadir  sebagai representatif bangsa-bangsa di dunia melahirkan resolusi perdamaian dunia membangun kerukunan dan mengedepankan kemanusiaan," ujar Aznil Tan.


Mengenai rencana kunjungan Presiden Ir. H. Joko Widodo  ke Kyiv dan Moskow disampaikan langsung Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam konferensi pers pada Rabu, 22 Juni 2022. Menlu juga menyinggung bahwa kunjungan tersebut akan menjadi kunjungan pertama pemimpin dari Asia kedua negara yang sedang berseteru.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot