Penyuluhan di Oesao oleh Alumni Kebidanan STIKes Nusantara Kupang




Beritacendana.blogapot- Kupang, Ikatan Alumni Kebidanan STIKes Nusantara Kupang (IKABITARA) dalam momentum temu akrabnya juga mendukung program Pemerintah dengan melakukan kegiatan Penyuluhan tentang bagaimana mencegah Stunting pada warga Desa Oesao Kamis, 19 September 2019.

Desinta Gudu, menyampaikan bahwa dari IKABITARA sebagai pelayan kesehatan, melihat tingginya angka stunting di Nusa Tenggara Timur. Maka perlu kita membagi informasi kepada  Ibu-Ibu Hamil dan menyesui untuk mendukung Program Pemerintah dalam memerangi stunting sejak 1.000 hari kehidupan.

Sasaran kami di desa Oesao dengan alasan belum ada kasus di sini sehingga kami ingin sekali memberi informasi agar mencegah lebih dini jelasnya.

Lanjut  Desinta,  merubah sikap dan perilaku yang sehat dimulai sejak hamil dan menyusui, dimana  pemenuhan kebutuhan gizi yang baik selama hamil, pemeriksaan kehamilan secara teratur, termasuk perilaku hidup sehat dan bersih.

Mengenai informasi untuk merubah pola asuh orang tua terhadap anak, karena  periode emas itu selama 1000 hari pertama kehidupan, dimana ada 4 standar Emas pemberian makanan yang perlu diperhatikan, yakni; "IMD, ASI EKSKLUSIF, MP-ASI dan ASI.

Kami hanya dapat memberikan sedikit bantuan kepada Ibu Hamil dan Menyusui berupa susu, tablet tambah darah dan biskuit untuk Ibu Hamil. Kami berharap melalui informasi yang kami bagikan kepada Ibu-ibu hamil dan menyusui di Desa Oesao dapat membiasakan diri dengan perilaku hidup sehat, bersih dan memberikan pola asuh yang sehat dalam keluarga sehingga dapat mengurangi angka stunting Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan di desa Oesao dan lebih luasnya di Nusa Tenggara Timur, jelas  Desinta.

Ditambah oleh Kepala Desa Oesao Naomi Tualaka dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat senang sejak surat masuk dari alumni IKABITARA untuk mengadakan kegiatan di Desa Oesao. Saya dengan semangat gerakan masyarakat untuk bisa hadir dalam kegiatan hari ini, supaya masyarakat terutama Ibu Hamil dan Menyusui, mendapat informasi tentang bagaimana mencegah stunting dan juga merupakan bentuk dukungan atas program pemerintah untuk memerangi stunting sejak 1000 hari pertama kehidupan.

Saya berharap, mudah-mudahan masyarakat dapat menerapkan informasi yang sangat baik ini dalam kehidupan mereka.

Kami dari Desa Oesao juga selalu terbuka untuk alumni IKABITARA kemudian dapat melakukan kegiatan lanjutan di kemudian hari dengan berbagai informasi Seputar Kesehatan yang berguna bagi masyarakat Desa Oesao.
Tambahnya.

Paulina, sebagai salah satu kader Pos Yandu sekilgus warga dari Desa Oesao, menyampaikan bahwa kami sangat gembira, menyambut baik kedatangan alumni Kebidanan Stikes Nusantara Kupang( IKABITARA) ke desa ini, kami sangat membutuhkan informasi terkait kesehatan, apalagi tentang stunting ini kami sangat senang bisa mendengar lalu ketahui hari ini,  dan kami memang sangat butuh informasi ini agar bisa dapat kami cegah.

Penulis: FIAND

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot