PMKRI Kupang Apresiasi GP Ansor NTT: Ikut Pengamanan Natal Dan Tahun Baru



Beritacendana.com- Kupang, - Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang, Adrianus Oswin Goleng mengapresiasi GP Ansor yang akan menggerakan sekitar 500 anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser) untuk pengamanan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur.

"Ini merupakan wujud nyata praktik toleransi yang sesungguhnya dalam memaknai atau mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap Adrianus  di Marga juang 63 di Jalan Jenderal Soeharto Nomorr 20 Naikoten Kupang Senin, (23/12/2019).

Goleng menyampaikan bahwa, PMKRI Cabang Kupang sangat bangga dan berterima kasih atas partisipasi GP Ansor wilayah NTT yang turut serta merajut tali silaturahmi antara umat Islam dan Kristiani  sekaligus menjaga rantai persaudaraan sesama masyarakat NTT dalam bingkai Nusa Tinggi Toleransi.

Mantan Ketua Permada Kupang itu menuturkan, aksi solidaritas dari GP Ansor itu dilakukan rutin setiap tahun saat umat Katolik dan Protestan melakukan ibadah Natal dan Tahun Baru di Gereja," katanya.

Lanjut Oswin,  langkah GP Ansor yang turut terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru menegaskan kembali komitmennya untuk menjaga keamanan, kenyamanan, serta merawat kerukunan antar umat beragama di bumi Flobamora untuk Indonesia," ujarnya.

Selain itu, kata dia, di tengah maraknya isu radikalisme dan terorisme yang berkembang, ia mengajak  masyarakat NTT dan Indonesia umumnya agar tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu yang ingin merusak  toleransi,  persatuan, dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, menjaga keamanan saat perayaan Hari Raya  Agama bukan hanya POLRI dan TNI saja melainkan menjadi tanggung jawab dan sinergi semua elemen baik dari pemerintah, mahasiswa, pemuda, dan masyarakat.

"Keterlibatan GP Ansor dalam pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru di NTT juga merupakan langkah preventif untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Sehingga, perlu diapresiasi," ungkapnya.

Ia berharap, perayaan Natal 25 Desember 2019  dan Tahun Baru 2020  berlangsung aman, nyaman, dan damai di seluruh pelosok negeri dengan  kegembiraan dan penuh syukur.  "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Sesama  (Yohanes: 15:14-15) sebagai tema Natal tahun ini," tutup Oswin.

Penulis: Emanuel Boli/Soman Labaona

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot