Kepsek SMAN Kot'olin: Refleksi HARDIKNAS dengan Sejumlah Inovasi

Berita-Cendana.com TTS - SMA Negeri Kot'olin merefleksi HARDIKNAS, Kepala Sekolah  Marci Sae kepada media bahwa, merayakan dengan melakukan sejumlah mata lomba untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, kreatifitas siswa dan mampu berinovasi.


Dalam rangka  memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hari Kebangkitan Nasional, Hari Lahir Pancasila serta Kegiatan Akhir Semester SMA Negeri Kot’olin. Demikian disampaikan Kepsek kepada tim media pada hari Senin - Rabu, 14 -16/06/2021.


Lomba-lomba tersebut di antaranya lomba debat bahasa Indonesia, lomba baca puisi dan menyanyi solo tingkat kelas dengan jumlah peserta yang berpartisipasi per kategori lomba antara lain lomba debat yang diikuti oleh 6 kelompok, lomba baca puisi 11 orang dan lomba nyanyi 11 orang.


Dalam acara pembukaan, Yaning Natti selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan ini sangat baik untuk peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya dan menumbuh Kembangkan kreatifitas sehingga para peserta didik yang mengikuti lomba dapat mengetahui dan  memahami dirinya dengan baik sehingga kelak dapat  berguna ketika sudah ada tengah-tengah masyarakat. Jelasnya.


Pada kesempatan yang sama Kepala SMAN Kot’olin, Marci Sae dalam sambutannya mengatakan bahwa, anak didik mereka sekolah di kampung akan tetapi memiliki kesempatan mengembangkan diri untuk berkompetisi secara sehat sehingga peserta didik yang memiliki potensi lebih akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Jelas Kepsek.


Meskipun kegiatan ini tidak bermodalkan se-persen uang pun karena kondisi SMAN Kot’olin yang baru berusia 5 tahun tidak memiliki uang yang cukup untuk memfasilitasi semua kegiatan yang ada, akan tetapi semangat yang dimiliki oleh Bapak/Ibu Guru yang adalah panitia untuk kemajuan anak didik dan SMA Negeri Kot’olin.


Lanjutnya, untuk itu, Ia berpesan agar kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik dan dapat menumbuhkan  beberapa nilai karakter diantaranya, menumbuhkan rasa bertanggung jawab, kreativitas dan berinovasi.


"Hal ini dilakukan agar peserta didik tidak saja pintar secara ilmu pengetahuan saja

tetapi memiliki keterampilan yang berguna bagi kehidupan kelak". Ucap Marci.


Sementara itu, Kepala Desa Kot’olin Agustinus Nome selaku Ketua Komite SMAN Kot’olin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, sangat bangga dengan adanya kegiatan ini karena bisa dapat membantu para peserta didik untuk meningkatan minat dan bakat yang dimiliki untuk kelak nantinya selesai menamatkan dirinya dari sekolah menengah atas dapat bermanfaat bagi lingkungan dimana dia tinggal dan memberi sumbangsi bagi kemajuan daerah setempat.


Ketua Komite berharap kegiatan ini jangan hanya berakhir disini tetapi dilakukan terus menerus sehingga dapat memotivasi dan melatih peserta didik dengan baik.


Setelah acara pembukaan, salah satu peserta lomba Rini Ollo kepada media ini mengaku merasa bangga dan senang karena selama dirinya mengenyam  pendidikan belum pernah mengikuti lomba seperti ini.


Baginya kegiatan seperti ini harus terus dilakukan untuk memotivasi mereka agar meningkatkan bakat yang memiliki.


Kegiatan ini dihadiri oleh pemerintah Desa Kot’olin, Ketua Majelis Jemaat GMIT Imanuel Kotolin dan beberapa tokoh masyarakat. Kegiatan seremonial ini diakhiri dengan Bonet bersama para peserta lomba, para guru dan tamu undangan yang hadir.(YT/TIM).



0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot