Banjir Bandang Melanda Flores, Kerugian Mencapai Ratusan Juta



Berita-Cendana.com- Flotim,- Banjir bandang melanda Flores Timur akibat hujan deras yang mengguyur Boru, sejumlah titik diterjang banjir seperti  Boru ibukota Kecamatan Wulanggitang, rumah warga terendam banjir, sejumlah area pertanian terendam.


Demikian pantauan tim media Berita-Cendana, pada hari Sabtu, 04/09/2021 di tempat kejadian. Tingginya curah hujan sejak Kamis, (03/09/2021) siang, beberapa sungai meluap sehingga menyebabkan rumah dan lahan pertanian warga setempat mengalami kerusakan  yang cukup parah.


Salah satu titik terparah terdapat di Lamalori yang terletak dalam wilayah Desa Hewa. Sungai Waikumang yang melintasi wilayah ini meluap dan menerjang lahan pertanian warga, merusak saluran irigasi dan area persawahan. Berapa rumah warga juga ikut terendam banjir. 


Lamalori Viktor Moa Bura korban banjir saat tim media menghubunginya, ia kepada media bahwa "kebun saya mengalami kerusakan akibat bencana tersebut, saya bersama istri dan anak-anak  harus mengungsi pada tengah malam karena rumah kami berada di bantaran sungai jadi harus men mengungsi," jelasnya.


Pekarangan rumahnya yang ditanami tanaman holtikultura sebagai salah satu sumber penghasilannya di masa pandemi Covid-19 hancur diterjang banjir. "Beruntung kami selamat," kisahnya.


Sementara, Theresia Tewo Liwu, warga terdampak lainnya mengatakan bahwa Ia dan suaminya terpaksa harus lari ke pondok yang ada di kebun miliknya lantaran seisi rumahnya terendam banjir setinggi hampir satu meter. "Kami punya rumah penuh kotoran (lumpur, red.)," katanya sambil menyapu lantai rumahnya.


Peristiwa banjir ini belum ada informasi terkait korban jiwa hingga berita ini ditayangkan namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.


Penulis: (Pito Blitz).


Editor: Yulius Tamonob.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot