Pelatihan Pembuatan Amoniasi Jerami Padi di Kelompok Tani Bon-bon Desa Fatumuti

Berita-Cendana.com- Kefa,- Pelatihan pembuatan Amoniasi jerami padi  kepada kelompok tani Bon-bon oleh Tim pelatihan peternakan Universitas Timor bersama beberapa mahasiswa prodi peternakan, di Desa Fatumuti Kabupaten TTU pada hari Selasa (31/08/21).


Disampaikan kepada media oleh Alfred Nubatonis selaku Dosen Unimor menyatakan Amoniasi adalah Proses pengolahan menggunakan bahan kimia amoniak (NH3) untuk meningkatkan daya cerna bahan pakan, seperti jerami padi sekaligus meningkatkan kadar N (Proteinnya).


"Dan juga manfaatnya, menambahkan ketersediaan bahan pakan, mencegah bahan pakan khususnya pada musim kemarau, produktivitas ternak akan meningkat serta mengurangi pencemaran, jelas dosen prodi peternakan fakultas pertanian Universitas Timor itu".


Seusai penjelasan materi mengenai cara pembuatan Amoniasi jerami padi para dosen bersama para mahasiswa mengarahkan ketua dan anggota kelompok tani agar sama-sama mempraktekan bagaimana cara pembuatan Amoniasi jerami padi yang baik, jelasnya.


Lanjut Alfred, bahwa ada bahan dan alat yang diperlukan dalam proses pembuatan Amoniasi jerami padi sebagai berikut. Bahan, 100 kg jerami padi dan 3-4 kg urea Alat: Timbangan, terpal plastik untuk pengemasan dan kayu untuk mengemas jerami padi.


Terpisah, ketua kelompok tani Bon-bon Lorens Kefi menyampaikan bahwa Pembuatan dan pengemasan Amoniasi ini sangat membantu para petani khususnya kelompok tani Bon-non, terangnya.


"Dan terimakasih kepada para dosen dan mahasiswa Unimor Kefamenanu yang sudah meluangkan waktu untuk membagi ilmunya kepada kami kelompok tani Bon-bon dan akhirnya apa yang kami tidak paham kami jadi paham karena langsung mempraktekannya," Ucap Bapak Lorens Kofi, ketua kelompok tani Bon-bon Desa Fatumuti.


Sebelumnya mohon maaf jika selama pelatihan  ada beberapa kekurangan atau tutur kata yang  salah dari  kelompok tani Bon-bon Desa Fatumuti, mohon maaf yang sebesar-besarnya, tutup Bapak Lorens.(***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot