BPJN NTT Beri Teguran Kepada PT. Bumi Amartha Ende Terkait Longsor di Ruas Jalan Ende-Aegela


Berita-Cendana.com- Ende,- Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memberi teguran keras kepada PT. Bumi Amartha Ende terkait material longsor  yang menutup badan ruas jalan Nasional Ende-Aegela KM 09+024 pada Rabu (03/11/2021). Material longsor tersebut merupakan sisa galian proyek pembangunan perumahan milik PT. Bumi Amartha. Tebal material longsor (lumpur, red) kurang lebih 1 (satu meter dan panjangnya mencapai 3 (tiga) meter sehingga mengakibatkan kemacetan arus lalulintas di ruas jalan tersebut.


Demikian informasi yang dihimpun tim media ini berdasarkan copyan Surat Teguran Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV NTT, Nino Sutrisno ST.,MT kepada Dirut PT. Bumi Amartha Ende tertanggal 5 November 2021.


“Maka dengan ini kami menghimbau agar lokasi area proyek yang sedang dikerjakan (PT.Bumi Amartha Ende, red), dibangun tembok penyokong (penahan, red) sehingga pada musim hujan seperti ini tidak terjadi lagi longsoran material sisa galian tersebut ke badan jalan,” pintanya.


Kasatker IV BPJN NTT, Nino Sutrisno yang dikonfirmasi tim media ini melalui pesan WhatsApp/WA pada Sabtu (07/11/2021) mengatakan, bahwa pasca mendapatkan informasi terkait longsor tersebut, pihaknya telah mengorganisir sumber daya  alat berat milik  Kementerian PUPR dan membersihkan  material longsor yang menutup ruas jalan tersebut hingga selesai. “Penanganan langsung pakai alat berat PUPR dan langsung (kerja, red) lembur sampai malam dan tuntas,” tegasnya.


Sementara itu, Kepala Cabang PT. Bumi Amartha Ende, Fawas yang dikonfirmasi tim medi  via telepon selulernya pada Sabtu (16/11), menjawab bahwa pihaknya belum mendapatkan surat teguran (tertulis) tersebut dari Kasatker IV BPJN NTT. “Sejauh ini baru ada informasi dan teguran lisan, tetapi intinya kami siap untuk kerjakan tanggulnya (tembok penahan, red) pak,” jelasnya.


Rahman, salah satu warga masyarakat desa Nangaba yang menyaksikan langsung kejadian longsor tersebut pada Rabu (03/11), kepada media ini menceritakan, bahwa tumpukan material lumpur/endapan sedimen tersebut menutup badan ruas jalan Aegela-Ende dan mengakibatkan kemacetan lalulintas. “Lumpur yang tebal 1 meter tutup permukaan ban kendaraan roda empat dan kendaraan besar. Kendaraan sulit lewat,” ungkapnya.



Menurutnya, itu terjadi karena pengerjaan proyek galian lokasi untuk pembangunan perumahan milik PT.Bumi Amartha Ende tidak mengantisipasi  tanggul penahan untuk menghambat arus air dari bukit ke badan jalan. “Makanya saat hujan, air banjir turun sekalian dengan material tanah berlumpur dan kerikil batu. Hari Rabu lalu (03/11) macet pak dan antrian panjang kendaraan sampai malam,” bebernya. (LT/TIM).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot