PSMTI Apresiasi Program Wali Kota, Siap Kolaborasi Bangun Rumah Warga

 

Berita-Cendana.com- Kupang,- Pengurus Persatuan Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Kupang melakukan audiensi dengan Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H., di ruang kerja Walikota, lantai 2 Kantor Walikota Kupang, Rabu (16/02/2022).


Ketua PSMTI Kota Kupang, Fransisco Bessie dalam pengantarnya menyampaikan bahwa dirinya baru saja dikukuhkan sebagai Ketua PSMTI periode 2022-2026, selain itu ia juga memperkenalkan pengurus baru PSMTI.


Advokat muda NTT ini juga mengapresiasi kerja Pemkot dinahkodai Wali Kota Jeriko atas terobosan dan pencapaian program selama empat tahun memimpin Kota Kupang, bahkan PSMTI siap berkolaborasi bersama pemerintah mensukseskan program prioritas Walikota dan Wakil Wali Kota seperti program bedah rumah.


“Maksud kedatangan kami disini adalah ingin bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan diri sebagai pengurus baru PSMTI, yang kedua ada usulan dari teman pengurus untuk membantu pemerintah, karena kami sering melihat program bapak Wali Kota, kami sering nonton live bedah rumah di fanpage atau facebooknya pak wali, karena pengurus kami ada yang insinyur jadi beliau sudah desain rumah, yang mana awalnya kami memang mau membedah, namun kami rubah planingnya menjadi membangun baru untuk warga,” ujar Sisco sapaan akrab Fransisco.


Sisco melanjutkan bahwa pihaknya berharap agar pemerintah dapat mendukung rencana mereka itu dengan membantu beberapa hal seperti membayar biaya tukang atau buruh bangunan, sementara pihaknya yang menyiapkan material, “misalnya seperti itu, kami tanggung materialnya, Pemkot membantu biayai tukangnya, mungkin nanti jika berkenan kami mau ajak pak wali juga bisa berkenan hadir supaya kita sama-sama melihat lokasinya,” ujarnya lagi.


Dalam pertemuan tersebut, PSMTI langsung menyerahkan model desain bedah rumah dimaksud kepada Wali Kota Kupang, dimana akan membantu pembangunan salah satu rumah warga di Kelurahan Fatululi sebagai contoh sebagai langkah awal kolaborasi dengan pemerintah, “kami serahkan model gambar rumahnya, kami berharap pemerintah kota bisa membantu untuk ll sama-sama membangunnya, kami sudah melakukan survei awal ada rumah milik seorang warga yang biasa disapa Oma Bengngu di Kelurahan Fatululi,” jelas Sisco.


Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Kupang menyampaikan selamat atas pelantikan pengurus PSMTI di Kota Kupang dan berpesan agar PSMTI dapat membantu menjaga kerukunan antar etnis di Kota Kupang. Wali Kota juga mengapresiasi dan menyambut dengan senang hati niat tulus PSMTI untuk membantu memperbaiki rumah warga.


Rencana yang diajukan PSMTI tersebut, menurut Wali Kota membuktikan bahwa pemerintah tidak bekerja sendiri, namun membutuhkan dukungan dari pihak-pihak yang mau berkolaborasi untuk ikut membantu meringankan beban masyarakat kurang beruntung di kota ini, “dalam berbagai kesempatan saya sering mengajak semua pihak yang mempunyai berkat lebih, mari bersama pemerintah, kita bergandengan tangan memberi diri, berbagi berkat dengan saudara-saudara kita yang hidupnya masih sangat susah di kota ini, apalagi dimasa pandemi, masih banyak sekali saudara kita yang hidupnya kurang beruntung,” ajak Jeriko.


Menurut Jeriko, doa dan ajakannya terjawab dengan berbagi macam dukungan dari berbagai pihak termasuk kehadiran PSMTI Kota Kupang, dirinya juga mengharapkan agar PSMTI bisa bekerja sama dengan pemerintah kota dalam berbagai program, “alangkah luar biasa jika kita dapat bekerjasama dalam bidang-bidang yang lain juga,” kata Jeriko.


Mantan anggota DPR RI dua periode ini setuju agar PSMTI bisa membangun rumah yang telah diajukan di Kelurahan Fatululi sebagai pilot project, “bapak-bapak kerjakan satu rumah sebagai contoh atau model, saya juga akan bantu, karena tahun ini sudah terlambat karena anggaran sudah ditetapkan, namun saya akan mencari jalan membantunya dengan dana pribadi atau mencari donatur,” kata Jeriko. Wali Kota Jeriko juga mengajak PSMTI dapat berkolaborasi untuk program-program Pemkot lainnya.


Di akhir dialog, Ketua PSMTI meminta kesediaan Walikota untuk berkenan hadir menyerahkan rumah tersebut dan menyampaikan terima kasih kepada Walikota Kupang yang berkenan menerima dan berdialog dengan pihaknya dalam kesempatan tersebut.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot