Jangan Sampai Presiden Jokowi Bak "Pahlawan Kesiangan" Temui Zelensky dan Putin


Berita-Cendana.Com- Jakarta,-  Aktivis 98 Aznil Tan menguatirkan kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia untuk mendamaikan kedua negara tidak membuahkan hasil. Dia mencermati konflik Rusia-Ukraina sangat komplikated.


"Perang Rusia-Ukraina ini sangat komplikated karena perseteruan bangsa-bangsa di Eropa itu sudah terjadi sejak dahulu kala yang sampai sekarang terus saling curiga. Kita amati, tidak ada motivasi negara-negara di Eropa untuk memikirkan perdamaian. Saya pesimis Jokowi bisa mendamaikannya," kata Aznil Tan ke media, Jakarta (28/06/2022). 


Rencana kunjungi Jokowi menemui Putin dan Zelensky untuk menghentikan perang kedua negara tersebut demi kemanusiaan dan krisis ekonomi global. Dia menilai konsep  perdamaian Rusia-Ukraina ditawarkan Jokowi tidak memiliki solusi yang jitu.


"Sulit bagi Jokowi memberikan solusi damai yang jitu diterima oleh kedua belah pihak serta negara-negara memiliki kepentingan yang berada di Eropa. Konsep ditawarkan Jokowi bisa dianggap basi atau cuma pantas bagi negara-negara non Eropa.  Bisa jadi Jokowi dianggap bak pahlawan kesiangan," ujarnya.


Meskipun begitu, Aznil Tan mengapresiasi inisiatif Presiden Jokowi untuk hadir mendamaikan Rusia-Ukraina. Upaya Jokowi bertujuan menghentikan krisis pangan dan energi melanda dunia yang semakin besar akibat perang tersebut dan dunia sudah dua tahun lebih dihantam pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir total.


"Bagaimanapun kita mesti apresiasi Presiden Jokowi untuk mendamaikan mereka. Mengajak mereka untuk menyelamatkan penduduk dunia dari krisis pangan dan energi yang semakin dahsyat. Ini misi yang sangat mulia," jelasnya lebih lanjut.


Sampai berita ini diterbitkan belum ada keterangan pasti terkait keberangkatan Presiden Jokowi menuju Kyiv.  Menlu tidak memberikan tanggal kapan tepatnya mengenai kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina. Namun ada media Rusia yaitu TASS, yang menuliskan pemberitaan terkait dengan rencana pertemuan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kota Moskow yang akan berlangsung pada 30 Juni 2022 mendatang.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot