Dewan Juri Bank NTT Kunjung & Nilai Tahap 2 Desa Binaan


Berita-Cendana.Com- Malaka,- Dewan juri Bank NTT, Dr James Adam berkunjung dan memberikan penilaian tahap kedua  ke desa binaan Bank NTT Cabang Betun. Ia  berprofesi sebagai Dosen/akademisi dan didampingi pendamping Kristoforus Seda dari Divisi Kredit kantor pusat bersama team cabang bagian kredit kantor cabang Betun, 


Demikian dilaksanakan pada Rabu, 16/11/ 2022. Sekretaris Desa Hironimus Seran, SE menerima tim juri dan menyampaikan beberapa poin masukan kepada Bank NTT di Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka. Potensi desa ini yakni hasil pertanian, seperti padi, kacang hijau, bawang goreng dan Lombok, jelas Sekdes itu.


Pada saat itu juga sekretaris Desa Hironimus Seran meminta kepada Bank NTT bahwa: 1. Sentuhan program Bank NTT  dalam memberikan akses Kredit Mikro Merdeka kepada para UMKM yang ada di Desa Wehali, karena program Kredit Merdeka sangat diperlukan. 2. Bank NTT perlu membangun kemitraan dengan Bumdes di desa (bagi desa yang Bumdesnya sudah berjalan) dan mendorong BUMDA di tingkat kabupaten untuk segera dibentuk dalam pengelolaan pasar desa (retribusi karcis, listrik, air bersih dan parkiran). 3. Bank NTT bisa bermitra dengan desa yang berpotensi pariwisata yaitu wisata pantai dan sektor perikanan, masukan untuk Pemda Malaka, jelasnya.


Selain itu Sekdes juga memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Malaka yakni: 

1. Pemda segera buatkan BUMDA (badan usaha milik daerah) dengan badan pengurus yang berprofesional agar bisa mengidentifikasi potensi - potensi yang ada di setiap desa yang dikelola Bumdes. 2. Bumda dan Bumdes harus berkolaborasi untuk memajukan setiap potensi yang ada di desa masing-masing untuk ditingkatkan kalau bisa Bumda bisa memberikan pendampingan atau pelatihan kepada setiap UMKM yang ada di desa, tegas Hironimus Seran.


Pada tempat yang sama dewan Juri, Dr James Adam menyampaikan bahwa: 1. Bumdes  kalau mau bekerja sama dengan Bumda, Bumdes harus menyiapkan SDM yang baik dan profesional. 2. Bumdes harus membuatkan laporan keuangan secara jelas dan laporkan secara berkala ke kades. 3. Ada potensi yang bagus di desa, bumdes harus menjaga dan kelola dengan baik, jelas Dewan juri.(*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot