BPDAS Noelmina Benain Lakukan Instalasi Panen Air Hujan di Kelurahan Oesapa

Ket. Foto: Kepala BPDAS, Lurah Oesapa & Kepala BPBD  Kota Kupang 


Berita-Cendana.Com- Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) dan Hutan Lindung Benain Noelmina Bambang Hendro mensupport Pemerintah Kota Kupang dalam penanganan air bersih di Kota Kupang. BPDAS melakukan Program instalasi pemanenan air hujan (IPAH) di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.


Demikian disampaikan oleh Kepala BPDAS Noelmina Benain  Bambang Hendro Joewono, S.Hut, M. Sc via WhatsApp Jumat, (24/02/2023) sore.


Menurut Kepala BPDAS bahwa Program IPAH yang dilakukan itu karena mengingat penggunaan air minum di Kota Kupang sangat tinggi, tetapi pemanfaatan nya selalu mengeksploitasi air tanah sehingga perlu ada pemanfaatan air hujan sehingga dapat mengurai pemanfaatan air tanah.


Lanjutnya, setiap orang perhari menggunakan air tanah sekitar 50-an liter, kalau pertahun sudah berapa liter. Oleh karena itu BPDAS Noelmina Benain melakukan program tersebut untuk membantu masyarakat di wilayah Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Kota Kupang


Kota Kupang mempunyai curah hujan yang yang cukup lebih banyak dari daerah lain, rata-rata pertahun 1.300 liter/detik per tahun. Sementara kondisi di Kota Kupang pemanfaatan air baku sangat tinggi, jelas Kepala BPDAS Noelmina Benain Bambang Hendro.


                   Ket. Foto: Masyarakat Oesapa yang Dapat Tandon


Selain itu, Lurah Oesapa Kiai Kia mengucapkan terima kasih kepada BPDAS yang sudah melakukan program (IPAH) di Kelurahan Oesapa, dengan melakukan instalasi 20 tandon di Oesapa. 10 unit di RT. 34, dan 10 unit lainnya di RT 38. Tandon itu terpasang di masyarakat yang sangat membutuhkan air baku, jelasnya.


Lanjut Lurah, karena Kelurahan Oesapa  penduduk paling padat, dengan jumlah penduduk mencapai 28. 000 lebih penduduk yang  menempati areal Oesapa. Bantuan BPDAS instalasi pemanfaatan air hujan yang disingkat (IPAH). "Sangat membantu sekali, di tempat-tempat yang sulit mendapatkan air bersih, itu bisa dimanfaatkan air mandi, cuci, masak. Setidaknya menghemat pengeluaran mereka untuk mendapatkan air bersih," jelas Kiai Kia.


Pada tempat terpisah Kepala BPBD Kota Kupang melalui Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kota Kupang, Elsje W.A Sjoen, S.Sos., M.Si juga menjelaskan bahwa Intervensi program kampung ramah air hujan di Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang, oleh kerana itu dirinya  mengucapkan terima kasih kepada BPDAS yang sudah melakukan program tersebut di Kelurahan Oesapa. 


Senada masyarakat yang memperoleh tandon Nitanel Bell, Magdalena Tahun juga mengucapkan terimakasih karena sudah bisa terbantu oleh BPDAS Noelmina Benain dan mereka bisa terbantu dengan air hujan, jelas.(*).



0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot