Diduga Penyaluran Dana Bantuan Stimulan Seroja di Kabupaten Kupang Kurang Tepat


Berita-Cendana.Com - Kupang,- Diduga penyaluran Dana bantuan Stimulan Seroja di Kabupaten Kupang kurang tepat sasaran. Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) Nusa Tenggara Timur; Tim Sapu Jagat giat melakukan investigasi ke beberapa desa di Kabupaten Kupang. Demikian disampaikan kepada media ini pada Jumat, (15/09/2023).


Dalam temuan di lapangan, banyak keluhan masyarakat terkait bantuan Dana Seroja. Semy Henuk menyampaikan rumahnya hancur berat, namun tidak mendapat bantuan. Sedangkan namanya tercatat dalam daftar penerima bantuan Seroja. Semy mengaku bahwa dirinya langsung mengecek ke BPBD dan benar bahwa namanya tercatat sebagai penerima Bantuan Seroja.


"Saya bertanya kepada pihak BPBD mengapa nama ada tapi tidak terima bantuan. Dari BPBD sarankan saya untuk kembali bertanya ke pihak desa. Saya sudah pernah ke desa dan dikatakan bahwa sudah diusulkan, saya sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi, karena sebagai masyarakat sudah tidak tahu mau mengadu kemana lagi.


Saat Tim Investigasi Lapangan dari Aliansi Indonesia turun ke desa-desa terdapat banyak masyarakat yang keluhkan mengenai bantuan sosial yang tidak tepat sasaran. 


Sejumlah masyarakat yang mengaku sudah menerima bantuan namun tidak sesuai dengan nominal yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Salah satunya Jonias Beti mendapat Rp. 50.000.000  sesuai dengan nominal yang masuk di rekening, namun yang Ia terima hanya Rp. 10.000.000 sesuai dengan pengakuannya dan bukti yang tertera di buku rekening bahwa dia hanya mendapat Rp. 10.000.000. Ada juga beberapa masyarakat yang mendapat Rp. 25.000.000 tapi yang diterima hanya Rp. 10.000.000


Masyarakat sangat berharap kepada pemerintah agar apa yang menjadi hak mereka tidak diselewengkan oleh pihak manapun. Oleh karena itu Lembaga Aliansi Indonesia NTT akan terus menindaklanjuti setiap temuan-temuan yang ada di lapangan.


Sebagaimana tugas dan fungsi dari Lembaga Aliansi Indonesia bekerja sama dengan semua pihak untuk mencegah dan menuntaskan penyalahgunaan anggaran negara oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot