Anak Penentu Bangsa Hari Esok




Beritacendana.com-Kota Kupang,- Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man dalam kesempatan membuka kegiatan Festival yang digelar oleh Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Dedari Kupang.

Dalam kesempatan tersebut, Herman Man mengajak seluruh guru dan orang tua yang hadir untuk memperhatikan secara serius mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.

Karena tugas kita adalah mempersiapkan anak-anak untuk bangsa hari esok, kalau kita tidak perhatikan tumbu kembang anak dengan baik tentunya hari esok bangsa ini dikemanakan. Hal ini disampaikan Sabtu, 19 Oktober 2019 di Gor Flobamora Kota Kupang.

Persoalan Kota Kupang adalah kurangnya perhatian kesehatan Ibu sejak kehamilan. Mama kurang mengatur perubahan makanan  sehingga anak rewel dan kurang makan.

Harapan Wakil Walikota Kupang  agar stanting dapat menurun di NTT ini karena Kita disini termasuk stunting tertinggi. Tanggung jawab stanting ada di kita semua. Perhatikan tumbu kembang itu.


Di sela-sela kegiatan dr. Damita Palalangan Amd.Keb., SKM., M.Hum, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa Dedari Familiy Festival 2019 ini mengangkat tema, “Tumbuh Kembang Anak Menentukan Masa Depan Bangsa".

Kegiatan ini,  bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat pentingnya  kesehatan anak dan tumbuh kembang anak yang masih balita.
Selain itu, kita juga ingin menginformasikan kepada masyarakat mengenai kesehatan jiwa dan kesehatan reproduksi remaja.

Harap yang hadir memperoleh pemahaman bahwa tidak cukup orang tua memenuhi kebutuhan materi anak. Tetapi orang tua juga selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kegiatan yang dilaksanakan seperti, lomba mewarnai gambar, lomba fashion show anak, lomba fashion show ibu hamil, lomba bayi merangkak, lomba ayah merias anak, lomba dance, dan juga lomba foto keluarga.


Di sisi lain, dr. Dewa Putu Sahadewa, menyampaikan bahwa Dedari Family Festival merupakan sebuah kegiatan rutin yang digelar oleh RSIA Dedari setiap tahun dan ini adalah kali ketiga  dilaksanakannya.

Lanjut Sahadewa yang berbeda dari Dedari Family Festival 2019, yakni kegiatan ini dapat lebih berkembang dan cakupannya lebih luas. Hingga kali ini diadakan di tempat yang lebih luas dengan peserta yang jumlahnya banyak yaitu, seluruh Guru baik itu  PAUD, TK, SD seluruh Kota Kupang, tiap sekolah ada utusannya berjumlah 1 sampai 3 orang.

Lebih dari itu, dr. Sahadewa mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya juga berupaya agar para Bapak dapat ikut berpartisipasi dalam event Dedari Family Festival yang berikutnya.

Dr. dr. Simplicia M. Anggrahini, juga menyajikan  materi mengenai Tumbuh Kembang Anak,  anak adalah aset bangsa maka sangat penting kita menjaga kesehatannya, fisiknya, jiwanya.

Tujuannya agar anak-anak sehat, pasti masa depan bangsa  tetap terjaga dan lebih maju dari sekarang, kalau pola makan, pola asu terjaga dengan baik tentunya angka stunting akan menurun.

Yulius Tamonob.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot