Tarian Daerah Mengangkat Budaya NTT


Beritacendana.com- Kupang- Tarian Nusa Tenggara Timur merupakan tarian yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Provinsi yang kaya akan wisata alam ini, memiliki banyak jenis tarian yang masih hidup di masyarakat. Setiap tarian memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Dengan tidak mengurangi ciri khas daerah, lebih memperlihatkan identitas dari pemiliknya.

Tarian tradisional merupakan salah satu bentuk kebudayaan. Gerak dan jenis tarian dipengaruhi oleh daerah setempat. Begitu pun dengan tarian NTT tarian yang berasal dari daerah asal ini sangat beragam. Ada yang dalam bentuk tari tunggal, kelompok, dan bahkan penari terdiri dari barisan penonton yang menari bersama-sama.

Nusa Tenggara Timur dibagi menjadi beberapa pulau, diantaranya pulau Flores, Komodo, Sumba, Timor Alor, Rote, Lembata dan Palu. Sedangkan Ibu Kota NTT adalah Kota Kupang, Timor Barat. 

Setiap daerah memiliki tarian tradisional yang berbeda. Tak kalah menarik dari jenis budaya lain seperti pakaian adat dan rumah adat, tarian NTT juga menjadi salah satu daya tarik dari wisatawan.

Lomba Tarian Daerah yang menghiasi  Festival SMA/SMK se-NTT. Berjumlah delapan peserta yang mengambil bagian dalam mementaskan kreatifitas seni lokal masing-masing daerah, yang terlaksana di Gedung DPD RI NTT. Sabtu, (09/11/2019) siang. Di bawah Tema  "Pendidikan Swasta Mendukung Pembangunan Pariwisata Sebagai Prime Mover Pembangunan Ekonomi NTT," juga di ikuti oleh 30 peserta dari Sekolah Swasta yang ada di tanah Flobamora.

Dengan mengangkat budaya daerah, para siswa ini menampilkan berbagai tarian lokal sebagai icon pariwisata NTT. Berikut peserta yang menampilkan seni tari budaya lokal yakni, SMA Kristen 1 Kupang dengan tari Lalendo asal Pulau Rote.

Selanjutnya SMK Muhamadiyah Kupang dengan tari Cerana, SMAK Santu. Gabriel Noemuti TTU, SMA Plus Masa Depan Mandiri dengan tari Ti'i Dengka Lole Ba'a, SMA Citra Bangsa Kupang dengan tari Te'o Renda, SMA Swasta Beringin Kupang dengan tari Menanam Jagung, SMA Swasta Seminari Santu Rafael Kupang dengan tari Telsain, dan SMK Kristen Fautmolo yang membawa tarian Ma'ekat dari Kabupaten TTS.

Sumber: Humas

Editor: Yulius Tamonob.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot