Kali Dendeng Dan Air Sagu Meningkatkan Air Kota Kupang




Beritacendana.com- Kupang,- Wali Kota Kupang hadir dalam Final FGD tentang Air Minum yang bersumber dari Kali Dendeng dan Air Sagu.

Hal ini dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Republik Indonesia, di Tropical Room, Sotis Hotel Kupang, Jumat (13/12) pagi.

Jefri Riwu Kore,  mengucapkan terima kasih kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT dan pihak konsultan yang sudah bekerja keras hingga dapat mempresentasikan hasil survei dan penjaringan pada pertemuan FGD akhir tersebut.

“Terimakasih atas dukungannya dalam mengatasi persoalan air bersih di Kota Kupang, saya kira jika ini berjalan lancar maka hasilnya tentu akan sangat dirasakan oleh masyarakat Kota Kupang. Debit air kita akan bertambah dari yang awalnya hanya 80 liter/detik, setelah adanya ke 2 SPAM harapannya nanti akan meningkat menjadi sekitar 400 liter/detik.

Harapannya  dapat membantu dalam setiap prosesnya, sepanjang masih dalam kewenangan, misalnya pembebasan lahan atau pengusulan ke Pemerintah Pusat”, ujar Walikota Kupang.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Kupang, juga meminta kepada konsultan dan Balai Prasarana Permukiman NTT untuk mengupayakan agar pengerjaan proyek prasarana air bersih dapat dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun bukan tahun jamak.

Konsultan SPAM Kali Dendeng dan SPAM Air Sagu dalam kesempatan tersebut mempresentasikan kondisi SPAM eksisting area pelayanan Kali dendeng, sistem SB Alak, SB Penkase, SB Nunbaun Sabu, system Instalasi Pengolahan Air (IPA) Manutapen, SB Fontein, SB Namosain, Proyeksi penduduk SPAM Kali Dendeng, proyeksi kebutuhan air SPAM Kali Dendeng, potensi air baku Kali Dendeng, uji kualitas air baku SPAM dendeng, skema rencana Kali Dendeng, dan layout skema SPAM Kali Dendeng.

Konsultan juga menampilkan desain unit air baku Kali dendeng, desain pengolahan air bersih, desain pompa pra-sendimentasi ke IPA, desain Pompa Reservoir Manutapen ke Reservoir Alak Baru, desain jaringan distrbusi, rencana pengembangan kontrol SPAM hingga desain pembangunan IPA sesuai standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yakni menampilkan IPA bisa dapat menjadi tempat wisata untuk masyarakat.

Selajutnya konsultan juga mempresentasikan SPAM Mata Air Sagu dengan menampilkan usulan area pelayanan SPAM Mata Air Sagu, kondisi eksisting area pelayanan Mata Air Sagu, SPAM eksisting rencana area pelayanan SPAM Mata Air Sagu, proyeksi penduduk SPAM Mata Air Sagu.

Dalam kesempatan tersebut Kepala, Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT, Herman Tobo, ST, M.Si mengatakan bahwa,  2 sumber yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan air di Kota Kupang yaitu SPAM Dendeng dan SPAM Air Sagu.

Lanjutnya, akan memenuhi 400 liter/detik dengan rincian 300 liter/detik dari Kali Dendeng dan 100 liter/detik dari Mata Air Sagu. “Setelah diskusi akhir ini, Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT bersama Pemerintah Kota, akan bekerja sama bahkan melakukan loby ke Kementerian. "Jelas Heman Tobo".

Diskusi dihadiri juga oleh Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah NTT, Herman Tobo, ST., M.Si., Kepala Dinas Pendapatan Daerah, Jeffry Edward Pelt, SH, Kepala Dinas PUPR Kota Kupang, Ir. Benyamin Hendrik Ndapamerang, dan Pejabat Sementara Direktur Utama PDAM Tirta Bening Lontar, Romy Seran.

Yulius Tamonob.

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot