Lodywik Djungu Lape: Data Kemiskinan Kota Kupang 14. 473 KPM




Beritacendana.com -NTT-Kota Kupang,- Kepala Dinas Sosil Kota Kupang Lodywik Djungu Lape, S.Sos, menyampaikan kepada media ini bahwa, program pada tahun ini yakni PBI JKN atau BPSJ bertambah jumlahnya.

Kalau data kemiskinan itu terpusat di Kementerian Sosial Pusdatim. Data yang ada itu berjumlah 14. 473 KPM. Data itu untuk bantuan pangan bagi masyarakat yang kurang mampu, disabilitas, anak terlantar, orang gangguan jiwa, fakir miskin.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodywik Djungu Lape, S.Sos di ruang kerjanya saat wartawan menemuinya Rabu, 8/1/2020 siang.

Lanjut Alumni Via Undana ini, Data terpadu penanganan fakir miskin Kota Kupang berjumlah 26.853 jiwa pada tahun 2020, sedangkan dari Kemensos berjumlah 14. 473 KPM. Sedangkan 9.000-ribuan yang ditmbahkan oleh Kota Kupang dan sudah persetujuan anggaran.

Sedangkan Penambahan untuk bantuan BPJS sekitar 9.000 jiwa, sesuai data dari pusat seluruh data BPJS Kota Kupang berjumlah 113.000 jiwa yang memperoleh BPJS di Kota ini. Ada peluang penambahan lagi dari Provinsi untuk penambahan lagi angka pasti belum tetapi sekitar 2-5 ribu jiwa yang akan ditambahkan Dinsos Provinsi NTT" jelas Kadis Sosial".

Sesuai dengan aturan dari Pusat sampai daerah selalu melakukan Verifikasi dan Validasi data kemiskinan, jadi Dinas Sosial bekerja sama dengan Pihak Kecamatan dan Lurah untuk melakukan verivali namun masih pakai sistim Offline. Alasan melakukan Verifiksi karena ada yang sudah pinda, meninggal, ganda bahkan kehidupan ekonominya sudah berubah maka itu harus digantikan oleh masyarakat yang kurang mampu itu.

Sekarang itu sistim yang menentukan berdasarkan hasil musyawara Kelurahan dan hasil verifikasi, jadi kita hanya mengisi data lalu mengirim ke Pusdatim jadi ada yang layak dapat dan ada yang layak tidak dapat" tutup Lodywik Djungu Lape".

Yulius Tamonob

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot