Orang Muda Desa Penfui Timur, Cegah DBD Dengan Bersihkan Lingkungan





Beritacendana.com- Kupang,- Orang muda Desa Penfui Timur yang terakomodir sebagai Warga Karang  Taruna  melaksanakan kerja bakti pembersihan lingkungan di wilayah RT 24 Dusun 4. Jumat, (14/02/2020) pagi.

Kegiatan tersebut ditujukan sebagai upaya pemberantasan penyebaran wabah Virus Demam Berdarah Dengue (DBD),  di mana ditularkan lewat gigitan nyamuk dewasa aedes aegeypti dan aedes elbopictus.

Pembersihan dilakukan pada rumput-rumput dan semak-semak, serta penguburan sampah kaleng dan botol yang berpotensi sebagai tempat berkembang biak nyamuk tersebut.

Ketua Karang Taruna Desa Penfui Timur, Ferdi Tenga  menyampaikan bahwa, upaya tersebut akhir-akhir ini sering terjadi kasus DBD  menyerang anak-anak dan orang dewasa, hal ini tentu mengganggu kesehatan setiap warga, apalagi  teridentifikasi adanya kasus DBD yang menyebabkan korban jiwa berusia anak-anak di RT 17.

Oleh karena itu, dirinya  menghimbau kepada seluruh  Warga Karang Taruna agar terus menggandeng  masyarakat guna melaksanakan gerakan 3M Plus sebagai upaya dalam mencegah adanya penularan DBD, lewat pemberantasan sarang dua nyamuk tersebut dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Kepada seluruh masyarakat desa Penfui Timur untuk melakukan gerakan bersama pemuda karang taruna untuk mencegah penyebaran virus DBD dengan 3M Plus dan juga dengan gerakan pemberantasan sampah, semak-semak secara bersama,” himbaunya.

Ferdy menambahkan apabila ada tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kupang, melalui instansi terkait, maka karang taruna akan sigap menjadi patner dalam memberantas persoalan DBD di wilayah tersebut.

  “Dan juga diminta kepada Pemerintah Kabupaten Kupang  lewat Dinas Kesehatan segera melakukan tindakan nyata dalam usaha pencegahan virus DBD,  Mari kita lakukan gerakan bersama,” pinta Ketua Kartadenti ini. (Humas Kartadenti). (***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot