Pemda Kota Kupang, Melalui Dinas Sosial Resmi Membagikan Sembako Kepada Masyarakan Pandemik Covid-19


Berita-Cendana.com -Kupang,-Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Sosial resmi merealisasikan paket program sosial dengan membagikan  sembako  bagi masyarakat yang terdampak pandemik Covid-19.

Pantauan media ini, pembagian sembako dimulai dari  Kecamatan Maulafa dimana sesuai protap kesehatan yakni tidak boleh mengumpulkan banyak orang. Kalau untuk Kelurahan Maulafa     kegiatannya berpusat di Kantor Lurah dengan ketentuan prosesnya penyaluran bantuan  secara bertahap.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 30/04/2020. Lurah Maulafa Yanto Sapay dalam keterangannya mengatakan bahwa, jumlah penerima bantuan sembako di Kelurahan Maulafa sejumlah 86 orang  dan kegiatannya dibagi dalam dua tahap, dikarenakan mengikuti tata protokoler kesehatan.

Selain itu, ke-86 orang penerima bantuan sembako, adanya juga  penambahan data 343 orang namun  setelah dilakukan verifikasi data di tingkat RT/RW yang benar-benar mendapat bantuan sejumlah 151 orang dan penambahan usulan sejumlah 276  orang. Penambahan usulan data  tersebut sudah dilaporkan guna diproses lebih lanjut, ungkap Yanto Sapay.

Ia berharap penerima bantuan benar-benar menggunakan dengan baik guna meringankan beban yang sementara dialami di tengah pandemik Covid-19. 

Disamping itu, sebelum itu ada bantuan dari  Pengurus  Partai Demokrat NTT dan Polres  Kupang Kota. Bantuan difokuskan untuk sopir, tukang ojek, dan nelayan sejumlah 53 orang.

Alfred Taopan petugas dari Dinas Sosial Kota Kupang dalam kesempatan itu mengatakan bahwa, penerima bantuan sembako dananya bersumber dari APBN yang sebelumnya  setiap  orang per bulan mendapat Rp.150.000, namun ada penambahan Rp. 50.000 dan penerima bantuan ini akan menerima selama tiga bulan ke depan. Berbeda dengan bantuan sosial tunai setiap penerima manfaat (KPM) mendapat Rp.600.000 per bulan selama tiga bulan.

Ia menambahkan penerima bantuan sembako secara keseluruhan di   Kecamatan Maulafa sejumlah 590 orang yang tersebar pada sembilan  kelurahan. Sementara Petugas  PIC Penyalur bantuan sosial BRI Cabang Kupang  Muhammad Saleh dalam keterangannya ia berterima kasih untuk Pemerintah Kota Kupang melalui  Dinas Sosial  yang telah memberikan kepercayaan kepada BRI sebagai mitra penyalur sembako nasional kepada masyarakat  yang mengalami langsung dampak dari Covid 19.

Sesuai ketentuan yang  berlaku, penerima bantuan sembako  berhak mendapat buku tabungan dan kartu namun bantuan tersebut dapat ditukarkan melalui e-warung atau supermarket yang telah ditentukan dalam bentuk barang seperti Telur, Mie, Minyak Goreng dan beras untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Disamping itu, sesuai kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kota Kupang penyaluran bantuan sembako mulai hari ini dan ditargetkan akan selesai pada tanggal 12 Mei 2020 yang kegiatan penyalurannya di Kecamatan Alak.

Proses penyaluran bantuan sembako hari ini berlangsung di Kecamatan Maulafa yang dibagi dalam beberapa  tim dan menyebar di setiap kelurahan  guna mendekatkan pelayanan dan mempercepat pelaksanaan kegiatan sesuai jadwal yang sudah ditentukan bersama" pungkas Saleh.

Ia  berharap semoga ke depan mitra kerja ini tetap terjalin baik untuk kebaikan bersama guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat  dengan  prinsip melayani dengan hati dan semoga BRI semakin dipercaya  oleh masyarakat Kota Kupang dan NTT Secara umum" jelasnya.

Penulis: MF

Editor: Yulius Tamonob.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot