Hasil Pemeriksaan Laboraterium, Terkonfirmasi 7 Kasus Positif Corona


Berita-Cendana.com - Kupang,- Dalam kurun waktu 1 minggu ini, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium (metode RT-PCR) dilaporkan adanya penambahan 7 kasus konfirmasi positif covid-19 di Kota Kupang.

Sehingga kumulatif kasus konfirmasi menjadi 8 orang. Ketujuh pasien telah dipindahkan ke ruang isolasi Rumah Sakit Bhayangkara Kupang. Semua pasien konfirmasi ini berjenis kelamin laki-laki dan berumur sekitar 30-44 tahun.

Saat ini mereka dalam keadaan stabil dan kami mendoakan agar diberikan kesembuhan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Delapan kasus konfirmasi di Kota Kupang merupakan kasus impor dimana mereka terinfeksi di luar Kota Kupang dan baru terkonfirmasi setelah berada di wilayah Kota Kupang. Sampai dengan saat ini, belum ada indikasi terjadinya penularan setempat.

Dua dari tujuh pasien konfirmasi positif bukan merupakan warga Kota Kupang tetapi upaya penangan tetap diberikan kepada semua pasien oleh Pemerintah Kota Kupang sesuai dengan protap penanganan pasien covid-19 yang berlaku.

Sejak tiba di Kota Kupang, semua pasien konfirmasi ini telah menjalani masa karantina terpusat yang dipantau oleh Tim Bidokkes Polda NTT dan Tim Surveilans Dinas Kesehatan Kota Kupang. Saat ini tim terus bekerja sama untuk melakukan penelusuran kontak (contact tracing) dan penanganan terhadap kontak erat sesuai dengan protokol.

Tim contact tracing gugus tugas saat ini bekerja keras dalam upaya penelusuran kontak erat dari cluster Sukabumi, Gowa, dan Magetan. Sejauh ini untuk cluster Sukabumi tercatat ada tambahan 5 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan 4 kontak erat yang masih akan dilakukan pelacakan lanjutan.

Untuk cluster Gowa telah terdata 5 OTG dan 5 OTG dari cluster Magetan. Satu ODP Kota Kupang yang berasal dari cluster Magetan sudah dilakukan pengambilan spesimen.

Selanjutnya, per 01 Mei 2020, satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan sembuh sehingga total PDP sembuh menjadi 5 orang. Tidak ada penambahan jumlah PDP dari tanggal 25 April 2020 sampai dengan 01 Mei 2020.

Melalui kesempatan ini, kami menginformasikan bahwa satu PDP yang meninggal di minggu sebelumnya dapat dipastikan bahwa yang bersangkutan meninggal bukan disebabkan oleh covid-19 (konfirmasi laboratorium negative).

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), 31 orang telah selesai masa pantau pada minggu ini, ada penambahan 13 orang ODP dan 7 orang ODP yang aktif dipantau naik status menjadi positif sehingga total ODP sampai dengan hari ini sebanyak 254 orang.

Dalam minggu ini, kami dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Kupang telah mengirimkan specimen dari 18 ODP untuk diperiksa di Balitbangkes, Jakarta. Jadi total 72 orang telah dilakukan pemeriksaan RT-PCR dan 30 orang masih menunggu hasil. Untuk pemeriksaan rapid test sudah dilakukan kepada 100 orang.(***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot