Resmi Dilantik Pengurus Karang Taruna Sehati Desa Oebelo

Berita-Cendana.com - Oelamasi,- Badan Pengurus baru Karang Taruna Sehati Desa Oebelo periode 2020/2024, resmi dilantik di Kantor Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, NTT Selasa, 14/07/2020.

Kegiatan pelantikan yang berlangsung di Kantor Desa setempat pada pukul 14:00 WITA ini berjalan dengan baik dari pembukaan sampai penutupan. Kegiatan pelantikan dihadiri Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, dan PLT Kepala Desa Oebelo.

Wakil Bupati Kupang dalam sambutannya menekankan agar Karang Taruna Desa Oebelo dapat menjadi salah satu corong demi kemajuan desa tersebut. "Karang dalam Alkitab yaitu batu karang yang kuat dan teguh, Taruna melambangkan kesatuan yang kuat, sehingga Karang Taruna ini dapat menjadi corong untuk kemajuan Desa Oebelo yang semakin hari semakin kuat, bersatu padu membangun desa ini", terangnya.

Selain itu, PLT Desa Oebelo Daniel Henukh sebagai penjabat yang melantik Badan Pengurus baru Karang Taruna Sehati Desa Oebelo periode 2020 - 2024, dalam sambutannya juga mengharapkan agar Karang Taruna Sehati Desa Oebelo yang baru dapat meningkatkan kinerja dengan turut serta memberikan hal-hal positif demi kemajuan Desa Oebelo. Katanya.

Beberapa janji yang diucapkan sebagai dasa sakti karang taruna sebagai berikut :

1. Karang taruna berwatak sosial yang menjadikannya sebagai satu satunya organisasi sosial, wadah pengembangan generasi muda.

2. Karang taruna berkedudukan di desa atau kelurahan yang memposisikannya sebagai organisasi yang paling mengakar.

3. Karang taruna bersifat lokal yang dilandasi oleh nilai-nilai kearifan budaya setempat. Pengetahuan serta kesadaran dan tanggung jawab sosialnya terhadap wilayah lokalnya.

4. Karang taruna berbentuk otonom dalam arti berkapasitas menyelenggarakan kegiatan kesejahteraan sosial untuk masyarakatnya tanpa intervensi dari pihak manapun.

5. Karang taruna bersifat non partisan (independen) terutama dalam pendirian politiknya yang hanya untuk kepentingan kesejahteraan sosial masyarakat.

6. Sumberdaya manusia karang taruna adalah pejuang yang dengan pengetahuan dan integritas kepribadiannya selalu melahirkan karya nyata bagi masyarakatnya.

7. Tugas pokok karang taruna adalah sebagai komponen masyarakat dalam pencegahan masalah sosial dan pengembangan potensi sosial ekonomi dalam kerangka pembangunan kesejahteraan sosial.

8. Karang taruna memiliki warga terbesar di tanah air dengan keanggotaan bersifat terbuka bagi seluruh warga masyarakat tanpa memandang jenis kelamin, status sosial ekonomi, agama, suku dan pendirian politik.

9. Pemberdayaan dan pengembangan karang taruna diselenggarakan melalui jejaring kepengurusan mulai tingkat nasional hingga desa yang bersifat horisontal.

10. Karang taruna adalah komponen bangsa dalam pengembangan kemitraan pembangunan kesejahteraan sosial dan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Penulis: Aryson Leksi Betty

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot