Serahkan Bantuan Sarana Perikanan Oleh Wali Kota

Berita-Cendana.com - Kupang,- Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75 dan peringatan ke-3 tahun masa kepemimpinan Jeriko dan Herman Man, Pemerintah Kota Kupang menggelar sejumlah kegiatan dan program inovatif. Salah satunya adalah menyerahkan bantuan sarana perikanan kepada kelompok nelayan yang ada di Kota Kupang.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefri  Riwu Kore, M.M., M.H. bersama Sekda Kota Kupang, Fahrensy Priestly Funay, S.E, M.Si, turun langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada para nelayan di Kelurahan Nun Baun Sabu (NBS), Selasa (11/8). Kepada para penerima bantuan Wali Kota minta untuk menjaga bantuan tersebut secara baik dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk peningkatan ekonomi anggota kelompok nelayan tersebut serta tidak dikuasai oleh orang-orang tertentu saja.

Untuk kelompok nelayan yang belum menerima bantuan saat ini, diminta untuk melaporkan diri kepada Dinas Perikanan Kota Kupang agar didata, sehingga bisa diakomodir pada bantuan di lain kesempatan.

Wali Kota mengakui masih banyak warga Kota Kupang yang kurang beruntung yang belum tersentuh bantuan. Karena itu dalam sejumlah kesempatan Wali Kota selalu mengimbau para camat dan lurah untuk terus pro aktif mendata penduduk yang kurang mampu dan sangat membutuhkan bantuan. Karena menurutnya saat ini Pemkot Kupang memiliki banyak program bantuan yang bisa membantu meringankan beban mereka, terutama di tengah pandemi Covid 19 yang menyebabkan lesunya perekonomian masyarakat.

Program bantuan yang disediakan antara lain beasiswa, seragam, tas dan buku, BPJS, PKH serta bantuan sembako. Karena itu kepada warga yang belum menikmati bantuan bisa melaporkan diri ke kelurahan setempat. “Kalau didata secara baik oleh kelurahan saya yakin semua bisa dapat bantuan,” ungkapnya.

Mantan Anggota DPR RI 2 periode itu menambahkan, saat ini Pemkot Kupang mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat karena telah melaksanakan refokusing anggaran Covid-19 sesuai ketentuan senilai Rp 11,9 miliar. Dana tersebut rencananya akan dibelanjakan untuk membantu peningkatan perekonomian warga bukan hanya nelayan tapi juga usaha kecil lainnya seperti tukang kayu dan tambal ban serta warga kurang mampu lainnya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson G. Nawa, S.H. menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari program di Dinas Perikanan Kota Kupang untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia serta memasuki tahun ke 3 masa kepemimpinan Firmanmu. Untuk tahun ini sasaran mereka adalah kelompok nelayan yang ada di wilayah Kecamatan Alak. Bantuan ini menurutnya diharapkan bisa merangsang para nelayan untuk lebih meningkatkan jumlah tangkapannya yang tentunya akan berdampak pada peningkatan ekonomi mereka.

Adapun bantuan yang diserahkan kali ini antara lain, kapal untuk penangkapan ikan sejumlah 4 unit, gillnet multifilament (pukat) 20 unit, alat penangkapan ikan ramah lingkungan 40 Unit serta coolbox pemasaran sebanyak 44 unit.

Turut hadir dalam acara penyerahan tersebut antara lain Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, sejumlah pimpinan perangkat daerah lingkup Kota Kupang, Camat Alak, Lurah Nunhila dan Lurah NBS beserta warga sekitar. Usai penyerahan, Wali Kota bersama Sekda berkesempatan melihat langsung kapal penangkap ikan yang berlabuh di pesisir pantai tidak jauh dari lokasi penyerahan.(***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot