Perumusan Visi Misi STIKES Berakhir Pada Tahun 2020

Berita-Cendana.com-Kupang,- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu cepat seakan  menuntut perubahan dari segala aspek kehidupan termaksuk perumusan VISI dan MISI dari STIKes Maranatha Kupang yang sudah berakhir pada tahun 2020 ini .

VISI  yang  selama ini dipakai pada awal berdirinya STIKes Maranatha Kupang sejak  Tahun 2009 yaitu  “Menjadi Institusi Pendidikan Ilmu Kesehatan yang Menghasilkan Lulusan Berkualitas, Profesional, dan Kompetitif pada Tahun 2020".

Melalui kegiatan workshop yang di laksanakan di stikes Maranatha Kupang dengan menggunakan Media Virtual zoom, senin,10,08,2020. Kegiatan Workshop  VISI dan MISI mulai dibuat rumusan baru untuk 4 Tahun ke depan.

Muhammad Saleh Nuwa, S. Kep. Ns, M. Kep sebagai Ketua panitia yang juga adalah wakil Ketua 1 STIKes Maranatha Kupang dalam sambutannya juga menjelaskan perihal maksud dan tujuan workshop VISI dan MISI yang diselenggarakan.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang bernaung di bawa Yayasan Maranatha Nusa Tenggara Timur ini, menyelenggarakan Pendidikan tinggi  di bidang kesehatan berdasarkan surat putusan Menteri Pendidikan Nasional No. 183/D/0/2009  tentang pemberian izin penyelenggaraan program – program studi dan pendirian sekolah tinggi ilmu kesehatan.

Tentunya sudah banyak capaian yang di raih oleh Instutusi ini Dengan Memberikan Kontribusi Sumber Daya Manusia di bidang Kesehatan Khususnya Perawat dan Bidan yang bekerja di Indonesia  terlebih di Nusa Tenggara Timur.

Beberapa permasalahan regional seperti tingginya kematian ibu dan anak, gizi buruk, stunting, dan berbagai masalah kesehatan yang makin kompleks menuntut peran institusi pendidikan dalam mengambil bagian penting agar dapat menghadapi berbagai permasalahan yang ada.

Arah VISI dan MISI sedapat  mungkin dirumuskan untuk menjawab berbagai permasalahan kesehatan baik regional dan global, dan melihat begitu pentingnya VISI dan MISI ini sehinga STIKes Maranatha Kupang, melakukan Workshop sebagai dasar untuk merumuskan rencana strategis dan berbagai kegiatan penting lainnya kedepan. ”ungkap Muhammad Saleh Nuwa

Ketua STIKes Maranatha Kupang, Ns. Stefanus Mendes Kiik M. Kep. Sp. Kep. Kom, membuka acara ini  dan menyampaikan Profil STIKes Marantha. Sebagai mana ungkapnya bahwa STIKes maranatha juga memiliki berbagai Fasilitas Penunjang Pendidikan.

Hadir dalam kegiatan workshop 2 narasuber yaitu , Agus setiawan, S. Kp., M. N., D.N. ( Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia).

"Dalam  menyajikan topik Agus setiawan lebih pada pembahasan  mengenai Perumusan VISI dan MISI juga Tujuan sasaran Institusi pendidikan. Agus dalam paparannya menjelaskan terkai penetuan VISI dan MISI tidak Terlepas dari Rencana Strategis".

Rencana strategis tidak lain untuk  kepentingan  Akreditasi. Rencana strategis merupakan file kuat dan menjadi panduan untuk merumuskan VISI, MISI, dan untuk mengembangkan tujuan yaitu sasaran, target, dan program kerja. Jadi rencana strategis merupakan komponen penting dan ini juga menjadi panduan pelayanan terhadap masyarakat dan stake holder. Ungkap Agus setiawan

Narasumber satunya yang adalah Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Joyce Margaret Tibuludji, SKM.,Mkes.( Kabid SDMK Dinas Kesehatan NTT)  Yang membawakan Topik Kebijakan Pembangunan Kesehatan di Provinsi NTT.

"Joyce  saat memaparkan materinya juga mengangkat tren peningkatan penyakit. Baik penyakit menular dan penyakit tidak menular dan  dan juga penanganan dan pencegahan Stunting. Dalam kegiatan Workshop ini dihadiri oleh 50 Orang Yang terdiri dari  narasumber du orang yakni Agus setiawan, S. Kp., M. N., D.N. ( Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Unifersitas Indonesia").

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT yang di wakili oleh . Joyce Margaret Tibuludji, SKM.,Mkes.(Kabid SDMK Dinas Kesehatan NTT) panitia dan dosen berjumlah 30 Orang, alumni 5 orang, mahasiswa 5 orang, dan tim Perumusan 10 orang.
Turut hadir Kepala Puskesmas Manutapen, dr. Hariyono.  DPD PPNI Kabupaten Kupang, Awaliyah suwetty.

Ketua Organisasi Ikatan Dokter Indonesia  juga stake holder dan mahasiswa. Partisipasi ini tentunya memberi nilai tambah bagi tim perumus untuk dapat Merumuskan VISI MISI STIKes Maranatha Kupang. (AT).

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot