280 Karung Pakan Babi Dicuri dari Gudang UPTD Pembibitan Tarus

Berita-Cendana.com-Kupang,- Sekitar 7 ton atau sekitar 280 karung pakan babi milik Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pembibitan dan Pakan Ternak Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi NTT yang diadakan pada Desember 2019, telah hilang dari gudang tempat penyimpanannya di UPTD Pembibitan Tarus, Kabupaten Kupang, NTT.  Nilai pakan babi yang hilang karena dicuri tersebut sekitar Rp 126 juta.


Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pembibitan dan Pakan Ternak Dinas Peternakan Provinsi NTT, Bambang Pramono yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya tidak menjawab panggilan wartawan.  Walaupun tim wartawan media ini telah memperkenalkan diri melalui SMS (Short Message System) - karena bukan nomor WA – Bambang pun tidak memberikan respon hingga berita ini ditayangkan.


Berdasarkan informasi yang dihimpun tim media ini dari sumber yang sangat layak dipercaya, sekitar 7 ton pakan babi tersebut diadakan pada akhir Desember 2019 untuk pakan ternak babi selama 1 tahun di UPTD Pembibitan Tarus.


“Namun karena adanya serangan virus ASF maka babi mati dan dimusnahkan seluruhnya pada Februari 2020. Stok pakan yang tersisa saat itu di gudang sekitar 7 ton. Tapi semua pakan itu hilang dari gudang,” ungkapnya.


Menurutnya, seharusnya sekitar 7 ton pakan babi tersebut masih tetap ada atau tetap tersimpan di dalam gudang. Ia yakin bahwa pakan itu masih ada sekitar 7 ton di gudang karena seluruh ternak babi telah dimusnahkan sejak Februari 2020 saat terjadi serangan virus ASF pada ternak babi di UPTD tersebut.

 

“Saya duga 7 ton pakan babi itu telah dicuri dari gudang UPTD Pembibitan dan Pakan Ternak Tarus.  Aneh karena Pakan 7 ton itu banyak, harus diangkut dengan truk,” ujarnya.

Menurut sumber tersebut, ada ratusan karung pakan babi yang tersimpan di gudang UPTD Pembibitan Tarus.  “Satu karung makanan bagi isinya sebanyak 50 kg. Kalau 1 ton ada 40 karung. Jadi kalau 7 ton ada sekitar 280 karung. Jadi harus diangkut dengan truk. Kalau dengan pick up harus diangkut beberapa kali,” ujarnya menganalisa.


Sumber yang minta agar namanya tidak disebutkan itu, menjelaskan, harga pasar perkarung sekitar Rp 450 ribu. “Jadi, nilai pakan babi yang hilang itu sekitar Rp 126 juta,” jelasnya.


Hilangnya 7 ton pakan babi itu telah menjadi temuan Inspektorat Daerah NTT.  “Inspektorat Daerah sudah periksa dan mengetahui masalah tersebut.  Pak wartawan bisa konfirmasi ke Inspektorat Daerah NTT,” ujarnya meyakinkan.(Tim).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot