DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Bagikan Paket Bantuan Dari AHY Untuk Korban Bencana

Berita-Cendana.com-Oelamasi,- Menindaklanjuti bantuan kemanusiaan yang diserahkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pekan sebelumnya, DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang menyalurkan paket bantuan kemanusiaan ketiga titik kunci bencana yaitu ke Desa Nunuhana, Amfoang Timur, Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur dan Kecamatan Amabi Oefeto Timur. Kamis (4/5/2021).


Sebanyak 35 paket bantuan difokuskan bagi warga Nunuhana, Amfoang Timur yang terkena dampak banjir hingga menghancurkan hasil panen mereka. Bantuan untuk Desa Nunuhana dibagikan langsung Ketua PAC Partai Demokrat Kecamatan Amfoang Timur, Yesaya Bani, sejak Rabu (5/5).


Pada Kamis (6/5), DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, yang dipimpin langsung Ketua DPC Partai Demokrat, Winston Neil Rondo, melanjutkan distribusi bantuan kemanusiaan dari AHY, ketiga lokasi, yakni di Kelurahan Oesao sebanyak 32 paket, di Kelurahan Oesao, paket bantuan dibagikan kepada para petani sayur yang menanam sayur di seputaran Kali Oesao, "mereka memang tidak terkena dampak rumah hancur tetapi peralatan pertanian dan hasil pertanian mereka rusak semuanya," kata Winston.


Setelah dari Oesao, rombongan DPC Partai Demokrat yang dipimpin Ketua DPC dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kab Kupang Bertus Seran dan Wakil Ketua DPC Benyamin Padji Mamo, Bendahara DPC Febby Sinlaeloe, dan anggota Fraksi DPRD Kab Kupang, Nimbrot Jhoni Leka, melanjutkan pembagian paket bantuan tersebut ke Kecamatan Amabi Oefeto Timur, di Desa Enolanan, Dusun Oebibi. Masyarakarat di dusun tersebut ada sekitar 55 KK. 


Di daerah tersebut, lahan pertanian baik sawah maupun kebun untuk memanfaatkan air dari Sungai Noelmina ini dilanda banjir bandang, nasib malang ini terjadi pada Minggu (4/4), hujan yang begitu luar biasa yang menyebabkan air dari Kali Noelmina naik hingga 2-3 meter sehingga menghancurkan seluruh lahan pertanian warga termasuk padi siap panen, kacang, jagung bahkan ternak sapi, babi, kambing milik warga dibawa banjir.


Kejadian ini membuat warga setempat putus asa karena membuat sebagian hasil pertanian mereka hilang, "mereka tidak dilanda angin Seroja, tetapi lebih khusus dilanda banjir bandang, seluruh kebun mereka dipenuhi pasir dan batu, sehingga tidak layak lagi ditanami," kisah Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang.


Kehadiran Partai Demokrat di lokasi tersebut adalah membantu 55 keluarga, dan membagikan 15 paket lainnya di Desa Muke yang terdampak angin siklon tropis Seroja, total paket yang dibagikan pada hari Kamis 6 Mei sebanyak 102 paket. Dengan rincian 70 paket di Kecamatan Amabi Oefeto Timur, 32 di Kecamatan Kupang Timur, khususnya di Kelurahan Oesao dan 35 paket di Desa Nunuhana, Kecamatan Amfoang Timur, sehingga  total paket yang sudah di distribusi dalam dua hari terakhir sebanyak 137 paket.


Menurut Winston, masih ada 150 paket,  rencananya akan distribusikan di Desa Pariti dan Oeteta Kecamatan Sulamu lalu di Tanini Kecamatan  Takari dan Desa Bitobe Kec Amfoang Tengah. Isi paket yang dibagikan yakni beras, supermi, telur, gula pasir, vitamin c dan masker.


Salah satu tokoh masyarakat yang merasakan bantuan oleh Partai Demokrat di kelurahan  Oesao mengatakan bahwa dalam penggalangan bantuan ini dirinya mengatakan bahwa mereka sering dilupakan karena yg di bantu yang rumahnya rusak, tapi pemerintah lupa warga yang kehilangan mata pencaharian karena kerusakan lahan pertanian dan alat-alat pertanian.


"Kami tidak didaftar juga di posko, kami bersyukur sekali bisa mendapatkan sentuhan demokrat,". 


Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo mengatakan bahwa kami senang bisa memberikan sentuhan kecil bagi yang terlupakan.


"Karena yang prioritas dalam konteks tangga darurat bencana  itu adalah  kehilangan jiwa dan aset utama seperti rumah, tetapi banyak orang lain  juga dilupakan seperti yang kehilangan mata pencahariannya," .


Hal seperti ini menurut mantan Ketua Komisi V DPRD NTT ini akan dilakukan lagi dalam pekan depan untuk menuntaskan paket sembako tersebut tersalurkan, di Kabupaten Kupang ada 280 paket bantuan dari Ketua Umum AHY yang DPC terima amanahnya dan laksanakan distribusinya.(***).


0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot