Gelar Bimtek Ekspor di PLBN, Karantina Pertanian Kupang Sebut 10 Komoditas Pertanian Unggulan NTT

Berita-Cendana.com- Kupang,- Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Kupang memaparkan data potensi ekspor komoditas pertanian asal Provinsi Nusa Tenggara Timur  (NTT) yang berpeluang masuk pasar ekspor adalah kopra, asam jawa, kemiri, biji mede, gewang, vanili, arang, biji kakao, porang, dan jamur.


Kesepuluh komoditas ini dari data sistem perkarantinaan, IQFAST, berhasil mencatat nilai perdagangan lalu lintasnya hingga  Rp 500 miliar di tahun 2020.


"Komoditas unggulan yang dimiliki NTT harus kita jaga dan tingkatkan bersama  performanya di tahun 2021 ini," kata Kepala Karantina Pertanian Kupang, Yulius Umbu Hunggar melalui keterangan tertulisnya di Kupang, Senin (21/6). 


Salah satu langkah operasional Karantina Pertanian Kupang dalam mendorong komoditas pertanian unggulan dapat masuk pasar global, Yulius menyebutkan pihaknya menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek).


Bimtek untuk pemenuhan persyaratan teknis sanitari dan fitosanitari dan protokol ekspor negara tujuan lainnya ini merupakan akselerasi Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) Komoditas Pertanian asal NTT.  "Bimtek yang digelar di Ruang Rapat Gedung Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini ini mendapat sambutan yang baik dari instansi terkait, petani dan pelaku usaha," tambah Yulius.


Masih menurut Yulius, kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pertanian No. 42 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Peningkatan Investasi dan Ekspor Produk Pertanian. Di mana Badan Karantina Pertanian (Barantan) ditunjuk sebagai Koordinator Tim Gugus Tugas Peningkatan Ekspor Produk Pertanian


"Wujud nyata yang dilakukan oleh Barantan antara lain memberikan kemudahan layanan ekspor, menjalin sinergisitas antar-instansi maupun dengan pelaku usaha serta dukungan operasional. Melalui bimtek ini harapannya bisa menguatkan sumber daya manusia dan optimalisasi sumber daya alam dengan bijak," tuturnya lagi.


Sebagai informasi,  Gratieks yang digagas oleh Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) merupakan gerakan untuk mensinergikan seluruh entitas terkait, termasuk di NTT, agar dapat lebih memberikan dampak positif bagi petani dan masyarakat. 


Secara terpisah Kepala Barantan Bambang, mengapresiasi sambutan baik dari pemerintah daerah untuk pendampingan ekspor untuk wilayah perbatasan negara. 


"Border (perbatasan-red) menjadi salah satu tempat pengeluaran komoditas pertanian ke negara lain.  Penguatan SDM dan mengoptimalkan sumber daya alam ini harus sejalan untuk akselerasi ekspor di border," ujar Bambang. 


*Berani Bersaing dan Berinovasi*

 

"Petani milenial perlu menggerakkan diri dan menjadi contoh untuk masyarakat sekitar. Jangan terlena dengan zona nyaman sehingga tidak meraih peluang keuntungan yang lebih besar dari pengolahan bahan mentah yang sesungguhnya dapat menjadi potensi ekspor bagi masyarakat," ungkap Arifin Tasrif selaku Direktur Politeknik 

Pembangunan Pertanian Bogor yang hadir dan turut menjadi narasumber. 


Arifin menambahkan, para petani harus mau bersaing dan berinovasi mengembangkan hasil bumi NTT agar dapat menjadi produk unggulan dan mendunia. Tentunya penguatan sumber daya manusia harus bisa memanfaatkan sumber daya alam sehingga bisa optimal, pungkasnya.


Turut hadir juga dalam acara tersebut Kepala Bidang Pengelola Perbatasan PLBN Wini, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten TTU, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten TTU, para eksportir, petani milenial dan kelompok tani, serta instansi terkait lainnya.(***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot