TNI Berhasil Melaksanakan Arahan Presiden Jokowi Widodo di Malaka


Berita-Cendana.com- Malaka,- Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat Dari Batalion Infanteri Raider Khusus 744 Satya Yudha Bhakti berhasil melaksanakan program ketahanan pangan sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

Sesuai petunjuk  komandan Batalion Yonif Raider Khusus 744 Satya Yudha Bhakti Letkol Infanteri Alfat Denny Adrian .


Jajaran Personel Kompi A Yonif RK 744 SYB bersama Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Anak Ranting 3 Kipan A Yonif RK 744/ SYB, melaksanakan penanaman beraneka jenis bibit sayuran yang berada di lahan-lahan kosong samping kantor Markas Kipan A Yonif Raider Khusus 744 SYB. Di Wemasa Desa Litamali Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Hari Sabtu (26/6/2021) Anggota Kompi Bersama Ibu-ibu  Persit Memanen Tanaman yang sangat bermanfaat itu.


Danyon Rk 744/Syb  Letkol Infanteri Alfat Denny Adrian melalui  Danki (A)Yonif RK 744 Syb Lettu Inf Alamudin Geger, Kepada Wartawan mengatakan 


"Hari ini kita panen bersama sebelumnya gerakan menanam aneka sayuran ini bertujuan untuk mensosialisasikan gaya hidup berkebun, menanam tumbuhan herbal atau apotek hidup secara mandiri bagi anggota di rumahnya, sehingga membantu ketahanan pangan di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.


“Selain untuk dikonsumsi sendiri juga ada masyarakat sekitar yang datang ke kompi dan kita berharap ini menjadi motivasi buat seluruh masyarakat untuk menahan tanaman di halaman rumahnya sehingga bisa membantu perekonomian keluarga.


Dalam proses pembibitan aneka jenis sayur yaitu selain di lahan kantor juga memanfaatkan lahan pekarangan milik anggota  yang mana pada lahan tersebut dimanfaatkan untuk wadah pertanian, perkebunan dan budidaya ikan .


Lanjutnya, seperti sudah diketahui oleh masyarakat pada umumnya, sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Melalui sayuran terdapat nutrisi seperti vitamin, protein, dan zat-zat mineral lain yang dapat mendukung kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itulah, sayuran menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat, setelah nasi tentunya,”ujarnya.


sayuran juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena manfaatnya yang tinggi serta dalam budidaya tanaman sayuran. Teknik pembibitan tentu juga diperlukan. Benih yang baik yang dipilih memiliki tanda-tanda seperti, bebas dari hama dan penyakit, memiliki daya tumbuh yang tinggi, memiliki daya kecambah sekitar 80%, dan riwayat induknya sehat serta produktif.


Proses pengolahan tanah dilakukan dengan menggemburkan tanah dan memastikan lahan, telah sesuai dengan syarat-syarat tumbuh tanaman yang akan ditanam. Misalkan menyesuaikan PH dan kadar air.


Bibit yang ditanam, yaitu cabai,, tomat, kangkung ,Ubi dan bibit tanaman sayur lainnya. Pungkas Danki Geger.


Ny Fatmawati  selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Anak ranting 3 Kipan Yonif RK 744 Syb yang merupakan istri dari Danki A Yonif RK 744 Syb Lettu Inf Alamudin Geger.


Kesempatan tersebut mengajak para istri Prajurit Kompi (A) untuk menanam beraneka jenis bibit sayuran dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada sehingga bermanfaat. 


“Kegiatan menanam beraneka jenis bibit sayuran ini diharapkan menjadi contoh serta motivasi bagi masyarakat sekitarnya khususnya di wilayah  Kabupaten Malaka dan sekitarnya, semoga apa yang kita rintis kali ini akan dapat kita nikmati hasilnya”, pungkasnya.


Penulis: Jeck Leru.

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot