BUNDA PAUD KOTA KUPANG KUKUHKAN 6 BUNDA PAUD KECAMATAN

Berita-Cendana.com- Kupang,-  Bunda PAUD sekaligus Ketua TP. PKK Kota Kupang , Ny. Hilda Riwu Kore Manafe, SE, MM mengukuhkan 6 Bunda PAUD Kecamatan se-Kota Kupang . Pengukuhan dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Rapat Koordinasi Bunda PAUD Kota Kupang bersama Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan, OPD lintas sektor, organisasi mitra (ormit) dan Forum PAUD di Aula Rumah Jabatan Sekda Kota Kupang, Kamis (23/9). 


Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia  (HIMPAUDI) Kota Kupang, Jefri Liebertus, Ketua Ikatan Guru Taman kanak kanak Indonesia (IGTKI) Kota Kupang, Emy Hailitik, para narasumber dan Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan se-Kota kupang. 


Dalam sambutannya, Bunda Paud Kota Kupang yang juga menjabat sebagai Anggota DPD RI itu menyampaikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia. PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi. Bunda PAUD menurutnya juga memiliki tugas mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa fondasi yang kuat untuk meningkatkan sumber daya manusia dimulai dari pendidikan anak usia dini. 


"Saya berharap dengan adanya pengukuhan Bunda PAUD kecamatan dapat membawa perubahan dalam perkembangan kualitas PAUD di setiap kecamatan dan kelurahan. Bunda PAUD kecamatan dapat bekerjasama untuk menghasilkan minimal 1 PAUD yang belum diakreditasi difasilitasi untuk bisa akreditasi, sehingga tahun ini minimal kita sudah ada 6 paud yang terakreditasi baik" pungkasnya. 


Ketua HIMPAUDI Kota Kupang, Jefri Liebertus pada kesempatan yang sama menambahkan ada dua hal penting yang perlu diperhatikan para Bunda PAUD. Pertama, dari segi fisik lembaga PAUD yang ada di Kota Kupang perlu ada peningkatan yang lebih baik dan layak sehingga pelayanan belajar peserta didik untuk anak-anak dibawah usia 6 tahun lebih maksimal. Kedua, dari sisi para pengajar, saat ini untuk Kota Kupang masih banyak tenaga pendidik anak PAUD hanya memiliki latar belakang pendidikan SMA. HIMPAUDI mendorong Bunda PAUD kecamatan se-Kota Kupang agar dapat memasukannya dalam agenda kerja, sehingga ada perhatian yang lebih terhadap pendidikan anak usia dini di Kota Kupang.


Ketua panitia, Roos F. R. W. Dethan, SE dalam laporannya menjelaskan Rapat Koordinasi Bunda PAUD Kota Kupang bersama Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan, OPD lintas sektor, ormit, Forum Paud  akan berlangsung selama 2 hari mulai Kamis (23/9) hingga Jumat  (24/9), dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang terdiri dari 5 orang Bunda PAUD kecamatan, 24 orang Bunda PAUD kelurahan dan 5 orang dari satuan PAUD. 


Tujuan dari kegiatan ini menurutnya adalah untuk mendorong peningkatan peran Bunda PAUD Kota Kupang  melakukan advokasi ke berbagai perangkat kepentingan di daerah, dalam rangka menguatkan pemahaman bersama mengenai pentingnya PAUD sebagai kesempatan akses, serta menguatkan dukungan bagi satuan PAUD agar dapat menyediakan layanan-layanan PAUD berkualitas.(***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot