DPMPTSP Kota Kupang Gelar Bimtek Sistem OSS dan LKPM Online

Berita-Cendana.com-Kupang,- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) melaksanakan kegiatan bimbingan teknis Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS) dan bimbingan teknis Sistem Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) online pada Kamis, 28/10/2021, pukul 09.45-selesai bertempat di Hotel Ima, Pasir Panjang, Kupang.


Kegiatan yang dibuka secara resmi dengan sambutan  Wakil Walikota Kupang, dr Hermanus Man ini menjadi momen penting membangun diskusi dan pelatihan antara DPMPTSP dengan pelaku usaha terkait penggunaan OSS dan LKPM online sebagai fasilitas yang disediakan pemerintah dengan dinas terkait untuk efisiensi pelayanan berusaha secara mandiri dan transparan.


 "Tujuan dari kegiatan ini untuk mensosialisasikan semua pelaku usaha untuk wajib mendaftarkan perizinannya, baik yang sudah berusaha maupun baru mulai berusaha, melalui OSS dan melaporkan LPKM.  Harapannya supaya beberapa peserta yang ada ini, setelah mereka mendapatkan ilmu yang kita bagikan kepada mereka, satu orang itu bisa mentransfer pengetahuan yang didapat, minimal ke satu orang. Dengan harapan dalam dua tiga bulan ke depan kira-kira 112 orang bisa mendaftarkan NIB (Nomor Induk Berusaha). Dengan begitu ada usaha-usaha baru. Ada usaha baru, ada pertumbuhan ekonomi disitu," jelas Thomas.


Dalam kegiatan yang berlangsung, sebanyak 26 pelaku usaha dari berbagai bidang usaha dibimbing langsung oleh pemateri dari Tim Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Provinsi NTT ; Thomas MD Kelen, untuk melakukan praktek mendaftarkan/mengaktivasi OSS.


"Kegiatan ini jujur sangat membantu. Untuk melengkapi perizinan yang kami punya, selama ini awalnya (urus perizinan) secara offline. Tapi, sejak 2019-2020 kita sudah mulai dengan online. Usaha mulanya hanya import buah, sudah merambah ke ayam beku, jadi sudah menggunakan OSS. Kita sudah punya OSS dan LKPM-nya sudah dilaporkan juga.  Sebelumnya, dari pusat yang tahu kita di daerah tidak tahu. Saya berinisiatif ikut sendiri, saya senang karena jadi tahu prosesnya seperti apa. Bahkan tadi mengurus izin berusaha untuk perorangan", Ungkap Nensy Lona, HRD PT Laris Manis Utama yang bergerak di bidang distributor buah import dan ayam beku.


Penulis: Yasinta Marwasri Tamonob.

Editor  : Alisia Antonio Soares.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot