Finishing Pembangunan Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Bolan

Berita-Cendana.com-Malaka,- Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Bolan bermandikan Chaya. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Uskup Atambua, Mgr Dominikus Saku, Pr diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang berlokasi di Desa Fahiluka Bolan Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka  Provinsi NTT direnovasi sejak 29 Mei 2021.  


Demikian pantauan media ini, Gereja yang Rusak Pasca bencana Seroja itu sangat indah bermandikan Cahaya dan dihiasi Patung-patung kudus di sampingnya Rabu (3/11/2021).


Donatur pembangunan Gereja Andreas Sofiandi, Asal Jakarta yang juga sebagai Ketua Umum Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh Sumatera Barat dan - Riau yang juga merupakan penanggung jawab krematorium yang sudah banyak membantu sebagai Donatur pembangunan rumah sakit Katolik dan gereja di berbagai daerah di Indonesia, ini pada peletakan batu pertama pembangunan. 


Pembangunan Gereja Paroki St Fransiskus Xaverius Bolan juga  dibantu oleh Donatur lokal. Dari Atambua Kabupaten Belu diantaranya Frans Tanjung, Tarsisius Tey Seran, Kim T. Jhin Surya, Ferdinan Tanjung, Hilarius Gunawan,Patrick Edwin,Robert Layantara. Sedangkan dari Betun Kabupaten Malaka, Frits Oematan, Viktor Lijaya, Benny Chandradinata, Roy Teyseran, Pranoto Simu. Donatur Lokal dari Kupang, Charles J. Angkiriwang dan Surabaya Josef Maubere.


Selain itu, Andreas Sofiandi menyampaikan perjalanan singkat pembangunan gereja Bolan "Perjalanan penanganan gereja ini sangat singkat, kebetulan saya ada keperluan dengan Romo Sintus dan menjemputnya, saya kesulitan masuk ke jalan menuju gereja karena masih terjebak lumpur lalu saya paksakan masuk ke belakang dan saya amati ada gedung gereja yang sudah miring akibat bencana. Selanjutnya saya minta ijin untuk merobohkan dinding itu karena sangat beresiko bagi umat jika dibiarkan dengan kejadian itu saya bersama semua teman-teman donatur berniat membangun gereja baru, Puji Syukur niat kami bersama teman teman terlaksana," bebenya.


 Frits Oematan saat dihubungi media ini membenarkan, saat ini gereja Paroki St. Fransiskus Xaverius Bolan sudah memasuki tahapan proses finishing, gereja ini terindah di wilayah Kabupaten Malaka, berharap kalau sudah selesai pembangunannya umat rajin beribadah dan menjaga serta merawat satu satunya gereja terindah itu, harapannya.


Penulis: Jeck Leru.


Editor: Rhizta Siokain.

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot