Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka Gelar Rapat Sosialisasi

Berita-Cendana.com- Malaka,- Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka menggelar Rapat Sosialisasi Terpadu lintas Organisasi Perangkat Daerah dan para Pelaku Usaha Hotel untuk mengintegrasikan pemahaman, kesadaran dan partisipasi dalam menunjang keberlangsungan pariwisata. 


Rapat Sosialisasi yang berlangsung pada Kamis ( 03/02/2022) itu dibuka Bupati Malaka melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Malaka, Yoseph Parera di aula Kantor Bupati Malaka. 


Dalam arahannya, Yoseph Parera menegaskan bahwa pariwisata sangat berperan penting dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan usaha serta mengurangi angka pengangguran. 


Sedangkan permasalahan yang dihadapi saat ini, masih kata Yoseph Parera, antara lain menurunnya tingkat kunjungan karena pandemi covid-19, penerapan pelayanan berbasis pelanggan belum optimal, terjadinya penurunan pendapatan atau omzet dan juga belum ada wadah PHRI. 


"Masalah atau kendala seperti ini harus segera diatasi sehingga pariwisata di Malaka kembali berangsur pulih," tandas Yoseph. 


Sehubungan dengan itu, langkah konkret yang harus diambil oleh elemen terkait dan pelaku pariwisata adalah harus ada integrasi pemahaman melalui instansi teknis terkait dan pelaku usaha, perlu adanya implementasi Sapta Pesona Pariwisata, perlu dibentuknya wadah PHRI Malaka dan memperbanyak ifen-ifen pariwisata baik wisata bahari, wisata budaya, wisata perbatasan maupun wisata spiritual. 


Pada akhir arahannya, Yoseph mengharapkan adanya sinergisitas, komitmen dan tekad yang kuat dari pihak-pihak terkait, instansi teknis dan pelaku usaha untuk membangun pariwisata di Malaka. 


Dalam kegiatan sosialisasi ini, instansi teknis terkait membawakan materi yang berkaitan. Misalnya Kadis Penanaman Modal dan PTSP membawakan materi Penerbitan Izin Usaha, Kaban Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah membawakan materi Kewajiban Membayar Pajak, Kadis Kesehatan membawakan materi Standar Kesehatan Usaha dan Hasil Usaha, Kadis perindustrian dan Koperasi UKM membawakan materi Dukungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Kasat Pol PP membawakan materi Penegakan Peraturan Daerah dan Kadis Pariwisata membawakan materi Tantangan dan Strategi Pelaku Usaha Hotel dan Restoran dalam Mendukung Upaya Pengembangan Pariwisata Daerah. 


Sedangkan dalam sesi tanya jawab yang dipandu Hendrina Lopo, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka, peserta bertanya tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan materi yang disampaikan oleh para pemateri. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot