Mahasiswa UKAW Kupang Fokus Tiga Program Utama Di Desa Kakaniuk Malaka

Berita-Cendana.com- Malaka,- Kedatangan 22 orang mahasiswa dari Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang didampingi Damaris Y Koli Dosen Fakultas Ekonomi UKAW di Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Kamis (3/2/2022).


Masyarakat Kakaniuk menerima penuh dengan antusias dalam acara perkenalan, Damaris mengungkapkan bahwa kehadiran para mahasiswa di sini untuk menjalankan proses kegiatan belajar dan pendampingan masyarakat. 


"Kami datang untuk belajar bersama-sama dengan masyarakat, berproses bersama karena masyarakatlah tempat belajar dan sosialisasi yang sesungguhnya," kata Damaris. 


Dirinya melanjutkan, para mahasiswa akan menjalani KBPM selama 1 bulan dengan memfokuskan diri pada 3 program utama yang diusung yakni tentang Bumdes, Stunting dan Sosial Kemasyarakatan dalam kaitan dengan gereja. 


"Bersama para mahasiswa, kami akan memfokuskan diri dan memberi perhatian penuh pada tiga program ini. Mungkin waktu 1 bulan sangat singkat tapi semoga ada nilai yang bisa diperoleh masyarakat selama pendampingan," ujarnya. 


Menurut Damaris, menjatuhkan pilihan untuk melakukan pendampingan di Desa Kakaniuk diperoleh ketika browsing di internet soal pengelolaan Bumdes. 


"Kami temukan bahwa di Desa Kakaniuk pengelolaan Bumdesnya bagus sehingga perlu ditingkatkan dan kami jatuhkan pilihan di Kakaniuk untuk pendampingan optimalisasi dan hasil usahanya," ujarnya lagi sambil menambahkan adanya sinkronisasi dan kolaborasi yang kondusif antara masyarakat dan mahasiswa. 


Terpisah, Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk pada kesempatan yang sama mengucapkan selamat datang dan berterima kasih karena pihak Universitas Kristen Artha Wacana Kupang memilih Kakaniuk sebagai tempat belajar dan mengabdi dari para mahasiswa. 


"Selamat datang dan selamat berproses bersama masyarakat di tempat ini. Semoga mahasiswa betah berada di sini dan belajar bersama kami untuk mendapatkan hasil yang lebih baik," ungkap Kepala Desa Perempuan 2 periode ini. 


Petronela melanjutkan, pihaknya akan terbuka dan dengan lapang dada belajar bersama mahasiswa untuk mendapatkan format yang lebih tepat dan sesuai perkembangan zaman. 


"Pasti banyak yang akan kami belajar dari para mahasiswa. Dan kehadiran para mahasiswa bisa menambah ilmu bagi kami terutama dalam mendukung program kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Malaka dalam berbagai aspek kehidupan," tuturnya lagi. 


Sebagai informasi, kehadiran para mahasiswa dari berbagai lintas ilmu seperti Pertanian, Perikanan, Hukum, FKIP dan Ekonomi akan berakhir pada tanggal 5 Maret 2022 mendatang. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot