MLL Sosialisasi Program Jaminan Ketenagakerjaan di Desa Kateri Kabupaten Malaka


Berita-Cendana.com, Malaka,- Sosialisasi Program Jaminan Ketenagakerjaan oleh Emanuel Melkiades Laka Lena Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dan Ibu Anita Risa Kepala Bidang Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan Provinsi NTT di Kabupaten Malaka.


Demikian disampaikan  oleh Ibu Anita Risa Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi NTT saat sosialisasi berlangsung di Desa Kateri, Sabtu (12/02/2022).


"Di Indonesia ini ada dua BPJS yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, kalo bapak mama sakit biasanya berobat menggunakan BPJS Kesehatan tapi bapak mama mengalami resiko meninggal dunia, resiko kecelakaan kerja, dan kecelakaan yang berhubungan dengan kerja itu dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan," jelas Risa.


Mereka mempunyai beberapa cabang pembantu BPJS Ketenagakerjaan yakni di Atambua, Sikka Maumere, Manggarai Labuan Bajo, Sumba Timur, Wengapu. Juga memiliki unit layanan di setiap Kabupaten, dan di Malaka ditempatkan di Dinas Perijinan, ungkapnya.


Tambahnya, program mereka ada lima yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kehilangan pekerjaan. Dan program ini  diberi amanah sesuai dengan undang-undang cipta kerja, jadi begitu pekerja yang mengalami PHK atau pemutusan hubungan kerja sepihak dari perusahaan mereka mendapatkan lagi BPJS Ketenagakerjaan, katanya.


Selain itu, Risa  memastikan mereka yang di PHK mendapatkan santunan, ada pelatihan, ada informasi kerja untuk melanjutkan lagi pekerjaannya atau mereka bisa bekerja ditempat yang baru, ujarnya


Bekerja mandiri contohnya petani nelayan pedagang pasar, tukang ojek, dan orang-orang yang tidak bekerja disebuah perusahaan pasti mempunyai resiko kecelakaan disitulah negara hadir, tegasnya Anita.


Jika sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya dengan pembayaran Rp16.800, apabila terjadi resiko kecelakaan kerja, biaya perawatan pengobatan  ditanggung full oleh BPJS Ketenagakerjaan, dan hampir Rumah Sakit Daerah dan Puskesmas juga melakukan kerjasama, himbauan Risa. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot