Pimpinan Bank NTT Kefa Apresiasi Partisipasi Desa Napan


Berita-Cendana.Com- TTU,- Pimpinan Bank NTT Cabang Kefamenanu, Fridolina M.M Faturene apresiasi Desa Napan atas partisipasi aktif dalam Festival, Napan adalah satu dari empat desa lainnya yang mengikuti Festival Desa Binaan Bank NTT.


Demikian disampaikan oleh Pemimpin Bank NTT pada Kamis, 17/11/2022. "Pemerintah Desa Napan pun membentuk sejumlah kelompok tenun, beranggotakan ibu-ibu rumah tangga di desa setempat, dan setiap hasil produksinya dijual di pusat penjualan yang terletak di halaman rumah Antonius Anton," jelasnya.


Menurut Antonius Anton bahwa mempersiapkan desa ini menjadi peserta festival, karena usaha kreatif masyarakat disini cukup variatif dan berkembang. Napan adalah sebuah destinasi pariwisata, karena disini ada PLBN, sehingga tempat usahanya, didampingi, dan hari ini mereka boleh bertumbuh menjadi desa yang cukup berhasil, tegasnya.


Lanjutnya, Bank NTT memfasilitasi kelompok ini, sehingga setiap transaksinya menggunakan kanal yang disiapkan oleh Bank NTT. "Kami punya tenunan yang coraknya beraneka ragam. Semuanya hasil karya ibu-ibu di Napan. Kami bersyukur karena usaha kami kian maju, keuntungannya jutaan rupiah dan dari usaha ini, banyak menghidupi rumah-rumah tangga disini, dan anak-anak kami pun bisa kuliah,”tegas Anton. 


Selain itu, Stenly Boymau saat itu memberi apresiasi atas berbagai terobosan yang sudah dilakukan oleh pemerintah Desa Napan dan IKM Suka Maju pimpinan Antonius Anton yang kini sudah semakin maju. Agustus bahwa desa ini masih belum begitu bergeliat kelompok usahanya, namun dalam waktu dua bulan, perubahannya sangat drastis. Hampir 100 persen. Tempat usahanya sudah bersih, sehat, penataan produk yang dijual pun sudah bagus, belum lagi setiap produk memiliki packaging yang menarik, tegas konsultan Bank NTT.


Lanjut Stenly, sebaik apapun kualitas produk yang dijual, jika dimasukkan dalam wadah yang kurang menarik, maka akan berpengaruh pada daya beli konsumen. Apalagi, Bank NTT sudah memfasilitasi pelaku usaha dengan mendesain wadah yang bagus, menarik, serta membantu dari sisi perijinan, labelisasi, maupun sertifikasi oleh lembaga yang bertanggung jawab, jelasnya.


“Nah labelisasi serta sertifikasi ini menjadi garansi tentang kualitas produk yang kita jual. Orang lain menganggap ini sepele, namun sebenarnya penting,”tegasnya lagi. Dia menyarankan agar IKM Suka Maju terus meningkatkan produktifitasnya, semakin memperluas jangkauan pemasarannya, serta menjalin komunikasi dengan PLBN Napan agar produk mereka pun masuk ke sana," jelas Stenly.


Menurut Stenly, Napan sebagai etalase Bangsa Indonesia harus dimanfaatkan. Produk-produk tenunan yang dihasilkan harus didesain agar ramah terhadap milenial. Misalnya ada anting, gelang, serta aneka produk lainnya berbahan dasar tenun. Sehingga tenun tidak saja dijual selembar utuh, melainkan dipotong kecil-kecil dan didesain dalam beraneka bentuk, tentu akan mendatangkan keuntungan yang lebih, pungkasnya. (*).




0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot