Aksi Nyata Prapaskah 2023, Sekami Yonpul II, Kunjungi Panti Asuhan Bhakti Luhur


Berita-Cendana.Com- Baumata,- Wujud nyata aksi puasa Prapaskah tahun 2023 sekami Santo Yohanes Paulus II, Stasi Santo Agustinus Bello, Paroki Santo Fransiskus Dari

Asisi BTN Kolhua Kupang melakukan kunjungan di Panti Asuhan Bhakti Luhur Baumata Kabupaten Kupang pada hari Rabu, (22/03/2023).


Menurut Bella Yuliana bahwa kunjungan tersebut sebagai aksi nyata Prapaskah Tahun 2023. Maksud dari kegiatan ini diharapkan anak-anak  sekami belajar untuk berbagi kasih sayang dan sukacita kepada sesama, jelasnya.


Lanjut Bella Yuliana bahwa tujuan kunjungan Sekami, untuk anak-anak dapat mengenal lingkungan baru, memahami karakter sesama, belajar berinteraksi dengan teman baru. "Apa yang kita ajarkan selama ini tidak hanya materi saja tetapi ini adalah bentuk wujud nyata aksi puasa anak-anak sekami," bebernya.


Selain itu, Ketua Umat Basis (KUB) Yohanis Paulus II  Yosep Cardoso  memberikan kesan masa kecil anak-anak dengan kegiatan yang positif. Kegiatan tersebut sudah di programkan tahunan, " Hal ini diajarkan kepada mereka semenjak dini sehingga ketika mereka beranjak dewasa nanti sudah terbiasa berbagi kasih kepada sesama,"  jelasnya. 


Menurutnya, jangan melihat dari apa yang diberikan tetapi semua ini sebagai bentuk kasih dari sekami  kepada anak-anak Panti, tegas Ketua KUB Yohanes Paulus II.


Penasihat KUB Santu Yohanes Paulus II Stef Manafe menegaskan bahwa kunjungan jangan sampai disini saja. Tapi kunjungan seperti ini juga dilakukan untuk kelompok umat yang lain di tempat lain.


Suster Probanis SSpS Belo, Ela Talan, mengatakan bahwa sangat bersyukur dan bahagia karena atas kunjungan sekami. "Kami melihat kegiatan ini sangat bagus, karena kegiatan ini membangun

rasa saling berbagi terutama di masa puasa ini," bebernya. 


Selain itu untuk membangun rasa persahabatan diantara mereka, Suster juga melihat mental anak-anak dilatih terutama untuk berani tampil membawakan acara dan menunjukan kreatifitas secara spontan dalam membagikan kegembiraan tanpa adanya perbedaan, jelas Suster Ela Talan, SSpS.


Senada Suster Kepala Susteran Alma

Rinche, ALMA Suster sangat bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan ini sekalian dan menjadi momen untuk saling berkenalan, jelasnya.


Diketahui juga anak-anak  difabel 11 orang, yang normal 9 orang. Sekolah disini ada PAUD dan SLB untuk anak-anak difabel. Pembangunan Sekolah Paud dan SLB ini berangkat dari refleksi karena jarak ke Sekolah Paud dan SLB agak jauh dari Panti Alma maka mendorong Suster mereka untuk membagun PAUD dan SLB, untuk mendekatkan pelayanan dan mendapat respon baik dari pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Pendidikan dengan mengeluarkan ijin operasional dan sudah beroperasi sejak tahun 2021. Jumlah Suster yang ada di Panti berjumlah 3 orang rekan.


Sejak beroperasi Tahun 2021 jumlah anak Paud 50 dan difabel 18 orang,  hal ini karena ada penambahan jumlah murid dari anak-anak dari masyarakat sekitar panti asuhan Budi Luhur. Untuk tenaga pendidik dinas pendidikan Kabupaten Kupang mengirimkan tambahan tenaga pendidik 4 orang dan tenaga BOP. (*).



0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot