Masyarakat Antusias Ikuti PKM IAKN Kupang dan Siap Lahirkan Tunas Baru


Berita-Cendana.Com- Kupang,- Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Kristen (PAK), Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 26-28 Juni 2023, dengan mengusung tema 'Manajemen Pendidikan Agama Kristen di GMIT Mata Jemaat Bukit Kalvari Nunuteta'.


Adapun kegiatan PKM ini merupakan salah satu tugas tridharma perguruan tinggi untuk dosen dan mahasiswa. Untuk itu, melalui rapat tim yang dipimpin oleh Maxy Lakapu maka memilih mata Jemaat GMIT Bukit Kalvari Nunuteta – Fatukoa untuk dijadikan sebagai tempat lokasi PKM.


Penanggung Jawab mata Jemaat GMIT Bukit Kalvari Nunuteta Fatukoa, Marta Nenoliu-Kono menyambut baik kegiatan tersebut. Sebagai seorang PJ beliau juga merupakan salah satu pengurus sekolah PAUD Tunas Ruth`s. Dalam momentum tersebut beliau juga mengundang guru dan calon orang tua murid PAUD untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.


“Saya secara pribadi menyambut baik kegiatan ini, serta saya harapkan output dari hasil sosialisasi ini bermanfaat bagi kami para pengurus dan orangtua murid nanti kedepannya, karena PAUD ini dalam proses pembangunan, kami harapkan tahun ajaran baru ini, kita sudah bisa menerima peserta didik yang baru," ujarnya.


Dalam kegiatan tersebut, Maxy Lak`apu yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor II IAKN Kupang  menyampaikan materi tentang “Pemahaman Jemaat Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan Kristen, Pemahaman Jemaat Tentang Arti Pendidikan Agama dan Keagamaan Kristen,". Dalam materi tersebut, Maxy tekankan pentingnya pemahaman dan arti pendidikan agama dan keagamaan bagi jemaat tersebut. 


Masih dalam kesempatan yang sama, Fredericksen V. Amseke biasa disapa Dedi, merupakan dosen Psikologi di Kampus IAKN Kupang turut mengambil bagian dan menjadi pembicara dengan materi. 'Manajemen Penyelenggaraan PAUD'.


Dedi yang mengabdikan  diri sebagai Asesor BAN-PAUD PNF Provinsi Nusa Tenggara Timur juga menjelaskan begitu banyak tentang bagaimana dan hal-hal yang perlu diperhatikan standar dalam mengelola PAUD hingga nanti  Asesor BAN-PAUD  melakukan  pemeriksaan maka semuanya berjalan sesuai juknis. 


Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Imelda Kase, yang juga pengurus dan pengelola PAUD Kober Taruna Elim Kuanino, sebagai pemateri berikutnya juga menyampaikan hal-hal teknis apa saja yang diperhatikan dalam mengelolah PAUD. 


Selama tiga hari tersebut, semua pemateri dan peserta begitu antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Output dari kegiatan tersebut, Kampus IAKN Kupang akan segera membuatkan MoU dengan pihak Yayasan Bukit Moria sebagai pendiri PAUD Tunas Ruth`s, untuk terus bekerja sama dalam mengelolah PAUD tersebut. 


“Kami berharap agar kedepan, anak-anak mahasiswa IAKN jurusan PAUD, bisa PPL disini nantinya," ujar Ketua Yayasan.


Kegiatan PKM kolaborasi dosen dan mahasiswa diikuti oleh, Maxy Lak`apu, M.Pd.K, Norianti Pai Tiba, M.Pd, Dr.Christofel Saetban,M.Pd.K, Yulius M. Natonis, M.Pd.K, Eko Kale, serta 2 (dua) orang mahasiswa jurusan PAK, Maksen Nono dan Ruth E. Bolla(*).


1/Komentar/Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot