Berhasil Budidaya Cendana, Saenam Sebagai Galeri Cendana


Berita-Cendana.Com - Nunkolo,- Pemerintah Desa Saenam berhasil mengembangkan budidaya Pohon Cendana di sejumlah lahan di Dusun Cendana.


Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Saenam Edu Tualaka, S.H di kantor Desa Saenam pada tiga pekan lalu.


Edu menjelaskan bahwa pengembangan pohon cendana guna meningkatkan sumber daya alam Desa Saenam. 


Lanjutnya, ada satu dusun yang ditetapkan sebagai Dusun Cendana di dusun tersebut di kembangkan ratusan pohon Cendana. Ada pohon yang sudah besar dan ada yang masih kecil. 


Kabupaten Timor Tengah Selatan disebut sebagai Nusa Cendana namun sekarang cari Cendana sangat sulit, sehingga pihaknya membuat kebijakan menggunakan satu dusun tersebut dimana khusus di budidayakan Cendana. 


Edu Tualaka Kepala Desa Saenam menyampaikan bahwa pihaknya bekerjasama dengan masyarakat untuk mengembangkan tanaman Cendana. Tak hanya pohon Cendana Desa Saenam juga memiliki koleksi batang dan akar Cendana kering yang cukup besar disimpan di galeri Desa Saenam. 


“Kalau ada pihak yang ingin melihat silahkan kami terbuka. Batangan Cendana tersebut sebagai bukti Desa Saenam adalah wilayah Nusa Cendana”. 


Edu berharap mendapat dukungan dari semua kalangan agar budidaya anakan cendana dapat berkembang dengan baik guna meningkatkan sumber daya alam desa. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot