DUA Komisariat GMKI Cabang Soe Ikut Pelatihan Jurnalistik


Berita-Cendana.Com- Soe,- Dua Komisariat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Soe mengikuti kegiatan pelatihan Jurnalistik. Dua Komisariat tersebut adalah Komisariat STAKAS dan Komisariat STKIP Soe. 


Demikian pantauan wartawan di Kampus  Sekolah Tinggi Agama Kristen Arastamar Soe (STAKAS) pada Jumat, (7/6/2024).


Ketua STAKAS Phidolija Tamonob, M.Pd.K dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik adalah sesuatu hal yang baik yang dilakukan oleh GMKI Cabang Soe. Kegiatan pelatihan jurnalistik perlu dipupuk dan di kembangkan sehingga sebagai anggota organisasi GMKI juga peka dan paham serta mengikuti setiap dinamika organisasi yang ada. 


“Kita jangan berorganisasi karena tuntutan atau takut senior. Mahasiswa sebagai kaum intelektual tidak boleh ikut-ikutan saja, tapi lebih daripada itu harus mau belajar untuk menggali potensi diri karena besok-besok ketika menyelesaikan kuliah saudara akan diperhadapkan di lapangan dengan sejumlah fenomena dan pergerakan-pergerakan di lapangan, ”. 


Mahasiswa juga harus belajar untuk bagaimana menjadi seorang pemimpin. Apa yang mau saudara lakukan jika tidak mengikuti proses dinamika di organisasi. 


Lanjutnya, Kegiatan jurnalistik berbicara tentang kegiatan tulis menulis, hal ini juga tidak terlepas dari tugas saudara sebagai seorang mahasiswa. “Mengapa kita harus menulis? karena kita harus mengimplementasikan ide, pikiran dan pendapat, hubungannya dengan kegiatan jurnalistik yakni kita harus peka terhadap persoalan di masyarakat. Kita juga mengambil bagian dalam mengontrol pemerintahan dengan tulis menulis. Jadi aktivis kita perlu belajar termasuk belajar bagaimana menjadi seorang penulis,” kata Ketua STAKAS. 


Daerah ini butuh pemikir-pemikir cerdas. Dalam hal ini butuh orang-orang hebat yakni mahasiswa sebagai kaum intelektual. “Saya berharap selesai kegiatan ini kita tidak tenang untuk melakukan coretan-coretan tulisan dengan gaya ilmiah, dengan gaya kaum intelektual”. 


Ketua Komisariat PJS Christian Taneo menyampaikan bahwa kehadiran pers dalam kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan bukti dukungan bagi mahasiswa dalam menggali potensi diri dalam menulis.


Bung Senior Yohanes Reinnamah,S.Pi dalam sambutannya berharap agar lewat kegiatan pelatihan jurnalistik mahasiswa mampu berpikir lebih kreatif untuk menulis dan menghasilkan tulisan-tulisan yang terstruktur dan sistematis karena kedepannya akan menulis makalah, artikel dan skripsi. 


“Banyak harapan, cita-cita dan mimpi bersama agar mahasiswa mampu menulis sebuah karya jurnalistik. Kami harapkan ada keseriusan yang baik dari teman-teman mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini”.


Ketua GMKI Cabang Soe, Cici Talan saat membuka Kegiatan Pelatihan jurnalistik menyampaikan sebagai mahasiswa atau kaum intelektual harus serius mengikuti momentum-momentum seperti ini, agar tidak menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja tapi diharapkan mampu berpikir kritis dan menjadi pilar gerakan perubahan kedepannya. 


Dua Pemateri yang diundang untuk menyampaikan materi Pelatihan Jurnalistik yakni Bung Yulius Tamonob, S.Sos selaku Pimpinan Redaksi Berita-Cendana.Com yang membawakan materi terkait ‘Aku Seorang Jurnalis” dan Pemateri Kedua Bung Yabes Nubatonis,S.H yakni Pemimpin Redaksi SoePost.Com dengan materi “Struktur Penulisan Berita”. (*).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot