Smart City Itu, Hanya Niat Baik dari Pemimpin



Beritacendana.com-Kota Kupang juga termasuk diantara 100 kota  smart city di Indonesia, kalau kota  menjadi kota smart city itu hanya niat baik dari pemimpin itu dan visinya untuk membangun kota.

Walikota Kupang Jefri Riwu Kore,  smart city itu bukan saja pemasangan wifi dibeberapa titik yang ada di kota atau kabel yang panjang.

Tetapi smart city itu dalam pelayanan publik yang cepat dan tepat kepada masyrakatnya. Hal ini disampaikan dalam Seminar pengembangan Smart City Rabu, 16 Oktober 2019 di Suba Suka Paradise Kota Kupang.

Walikota Kupang bersama presiden Citynet yang juga Bupati Sidoarjo dua periode ini menjelaskan terkait dengan kegiatan seminar dan sharing best practice citynet Indonesia tahun 2019 yang diselenggarakan di Kota Kupang, tanggal 16-18 Oktober 2019.

Dengan tema Strategi Pengembangan Smart City, Bupati Sidoarjo sekaligus Presiden Citynet H. Syaiful Ilah didampingi Sekda Sidoarjo yang juga sekretaris Citynet, Ahmad Zaini memberikan penjelaskan terkait organisasi citynet diseluruh kawasan Asia Pasifik.

“Gerakan menuju 100 Smart city yang digagas yakni pemanfaatan teknologi informasi dan pengembangan informasi menjadi tujuan utama demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tepat dan cepat. Ini adalah program yang digagas Kominfo Indonesia,” kata Syaiful Ilah.

Menurutnya, dengan bergabung bersama smart city Indonesia melalui seminar dan sharing diharapkan memberikan ide dan gagasan dan implementasi bersama agar gerakan menuju smart city dari 100 kota dan kabupaten di Indonesia termasuk didalamnya yakni Kota Kupang.

“Saya mengajak kabupaten dan kota lain untuk bergabung karena manfaatnya sangat baik. Citynet adalah organisasi jaringan  Asia pasifik berdiri tahun 1987 dan berjumlah lebih dari 130 anggota.
Kabupaten Sidoarjo mendapat penghargaan karena menerapkan perijinan online pertama kali,” ajak H. Saiful Ilah

Diketahui kegiatan seminar fan sharing strategi pengembangan smart city, sharing pemanfaatan teknologi dihadiri oleh Forum Citynet Indonesia sebanyak 23 kabupaten kota di Indonesia. Kegiatan ini digelar 16-18 Oktober di Hotel Aston Kupang.

Smart city sebagai kerangka Implementasi pembangunan, namum pembangunan smart city ini harus sesuai dengan budaya dan kebiasaan Daerah itu sendiri hingga jangan bertolak belakang.

Yulius Tamonob.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot