Pelantikan Perangkat Desa Putun, Tokoh Pemuda Meminta Pertanggung Jawaban Perangkat Lama

Berita-Cendana.com- TTS,- Nunkolo,- Pelantikan Perangkat Desa Putun, Penjabat yang dilantik, Sekretaris, kepala seksi pemerintahan, kepala seksi kesejahteraan dan pelayanan, kepala urusan umum dan perencanaan, kepala urusan keuangan dan kepala dusun dihujani dengan kritikan oleh Tokoh masyakat dan tokoh pemuda setempat untuk bertanggung jawab kinerja perangkat lama.

Pelantikan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 18/08/2020 di Kantor Desa Putun. Terpantau langsung oleh media ini sejumlah masyarakat dan perangkat yang dilatik hadir pada momentum ini.

Salah satu tokoh pemuda Desa Putun Lambertus Missa menyampaikan bahwa RPMDes itu tidak perna diinformasikan atau ditempelkan dipapan informasih desa, hingga hari ini tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat umum tidak perna tahu mengenai pegelolaan dana desa sampai di mana. Jelasnya.

Lanjut Lamber, terkait persoalan yang diangkat hari ini sudah perna membuat  pertemuan pemuda bersama masyarat desa dan Camat Nunkolo pada tanggal 4 Desember 2019 bertempat di Kantor Desa Putun dan membicarakan hal ini, namun sampai hari inipun dari pihak Kecamatan Nunkolo belum kembali untuk membahas masalah di desa ini, pada hal Camat Nunkolo sudah janji bahwa pada tanggal 02 Januari 2020 membuat pertemuan dan membahas hal tersebut dan saat itupun tokoh masyarakat dan tokoh pemuda menunggu tetapi pihak Kecamatan yang hadir. Jelas tokoh pemuda itu.

Pemuda dan masyarakat siap untuk bersurat kepada Bupati TTS dan Inspektorat segerah turunkan tim untuk  memeriksa pengelolan keuangan Desa Putun dari tahun 2015-2020 dan juga sudah perna bersurat namun tidak ada tindaklajutan. Lambertus Missa juga mempertanyakan sejauh mana pembangunan yang ada di Desa Putun karena sejauh ini tidak ada papan informasi tentang pekerjaan bahkan kerja nyata yang dilihat oleh mereka, "apakah ini proyeknya Kepala Desa atau proyeknya Kepala Desa dan aparat desa" sehingga tidak ada papan informasi proyek desa. katanya.

Disisi lain tokoh masyarat Desa Putun Soleman Missa juga pada momentum pelantikan aparat desa ia juga meminta kepada pihak kecamatan dan kabupaten untuk segerah melakukan pemeriksaan terhadap perangkat desa lama baru melantik perangkat desa yang baru karena sejak tahun 2015 sampai 2020 masyakat Desa Putun belum merasakan pembangunan di desa ini. Tegas Soleman Missa.

Lanjutnya, kami minta kepada aparat desa segerah mengisi  kembali atau mengembalikan fasilitas kantor desa karena inventaris kantor desa bukan milik pribadi sehingga simpan dan gunakan untuk pribadi di rumah. Terang Soleman Missa tokoh masyarakat setempat.

Sekretaris Camat Nunkolo Misraim M.M.H. Fallo, SE hadir pada saat itu juga, memohon maaf kepada seluruh masyarakat bahwa ketikhadiran pihak kecamatan pada tanggal 2 Januari 2020 di Desa Putun, ia juga sangat mendukung masyarakat untuk mengontrol dan bersurat kepada Kabupaten untuk segereh memeriksa aparat lama. Ia juga menjelaskan bahwa pelantikan perangkat desa inipun ada pending 1 berita acara yaitu serahterima perangkat lama kepada perangkat yang baru. Jelasnya.

Senada Sekcam dengan Soleman Missa bahwa ketika perangkat lama lepas jabatan harus kembalikan aset desa karena ini milik atau aset desa bukan milik sendiri. Sekcam juga menantang masyarakat Desa Putun dan Tokoh Pemuda sejauh mana peran mereka mengontrol pembangunan di desa. Jelasnya.

Penulis: Yulius Tamonob

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Subscribe Us

Responsive Ad Slot