dr. Agustinus Taolin: Masyarakat Belu Harus Diberdayakan Dalam 3 Hal Pokok


Berita-Cendana.com-  Kupang,- Bakal Calon Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, Sp. PD- KGEH kepada media ini bahwa, masyarakat perbatasan harus diberdayakan baik ekonomi, kesehatan dan Pendidikan, ketiga hal ini dijalankan berimbang tentunya masyarakat menjadi kuat dan maju.

Hal ini disampaikan oleh dr. Agustinus Taolin di Hotel Naka pada hari Rabu, 09/09/2020. Masyarakat kalau diberdayakan tentunya ia sehat, sehat tentunya kuat, kuat berarti sekolah dan ekonominya matang.

Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Belu ada di perbatasan tentunya ada isu perbatasan, Lintas batas, namun sudah ada organ-organ pemerintahan jadi menjaga itu semua.

Fokus kami adalah pertanian, air bersih, pendidikan, kesehatan birokrasi, pasar modern di perbatasan karena masyarakat Kabupaten Belu itu rata-rata petani. Maka kedepan kita akan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian yang sudah menjadi turun temurun menjadi tradisi mata pencaharian, jadi fokus kita pada jagung, padi dan singkong di daerah perbatasan.

Caranya, sebagai Pemimpin siapkan lahan yakni bantuan traktor yang sesuai dengan spesifikasi. Kita perlu menyesuaikan dengan Geografis di sana, jangan sampai orang minta traktor besar kita berikan traktor kecil. Kemudian masyarakat harus mempunyai bibit unggul supaya bisa meningkat penghasilan dari lahan yang mereka miliki. Kemudian pupuk, irigasi air tentunya pemerintah siapkan semua. Tanaman keras seperti kemiri, asam. Jelas Taolin.

Rencananya juga akan membuka pasar di perbatasan yang berstandar internasional modern yang menjadi media  interaksi antara warga negara TIM-TIM dan Indonesia untuk masyarakat bisa bertransaksi dengan hasil-hasil tentunya dengan nilai jual yang lebih baik, sehingga mereka bisa meningkatkan taraf hidup mereka di sana.

Kesehatan sudah otomatis, maka kami sudah mendeklarasikan bahwa masyarakat Belu berobat cukup bawa KTP saja sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis, tidak ada aturan yang melarang karena regulasinya sudah ada. Jelas dr. Agus Taolin Bakal Calon Bupati.

"Pendidikan juga sangat penting, bagi anak-anak yang berprestasi kita berikan beasiswa untuk sekolah karena pada hari-hari ini daya saing kita  masih rendah karena berpendidikan tinggi sangat sedikit, 0,2% di bawa 1% yang sekolah S1, S2, S3. Kita punya sumber daya manusia yang tidak punya daya saing yang cukup disitu sehingga ini menjadi konsentrasi kedepan untuk meningkatkan kedepan".

Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Pasar, Air Bersih, Birokrasi. Dari keenam program kerja ini tentunya kita mengatur bertahap karena sejumlah program yang ada ini menjadi penting kedepan demi membangun ekonomi masyarakat Kabupaten Belu karena Kabupaten Belu sebagai Kabupaten Perbatasana yang memiliki corong atau warna NKRI di mata masyarakat perbatasan. Jelas dr. Agus Taolin.


Penulis: Yulius  Tamonob.


0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot