Sukseskan GKH Wali Kota Gandeng Member Group WA Keluhan Warga dan Mahasiswa

  

Berita-Cendana.com- Kupang,- Demi mensukseskan Gerakan Kupang Hijau, yang dicanangkannya, Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M.,M.H., berusaha menjalin kerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat. Kali ini giliran anggota group WA Keluhan Warga dan mahasiswa yang digandeng. Bertempat di jalur 40 kelurahan Manulai II, Sabtu (19/12), Wali Kota bersama dua kelompok ini melakukan penanaman pohon.


Penanaman pohon dilakukan sebagai aksi mewujudkan Kota Kupang yang hijau dan bentuk tanggung jawab masyarakat Kota Kupang yang menginginkan kota ini dihijaukan oleh pepohonan yang memberikan banyak dampak positif. Aksi tanam pohon juga sekaligus menjadi contoh bagi setiap masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menanam pohon menghijaukan Kota Kupang. 


Wali Kota Kupang di sela-sela penanaman pohon mengungkapkan bahwa cuaca di Kota Kupang semakin panas sehingga sangat perlu untuk dilakukannya penanaman pohon. Kegiatan penanaman pohon hari ini juga sebagai aksi peduli akan gerakan menghijaukan Kota Kupang menurutnya perlu didukung. "Pohon-pohon yang ditanam sangat membantu dalam membuat Kota Kupang menjadi sejuk. Bukan hanya itu, pohon-pohon yang ditanam memiliki manfaat yang sangat penting yaitu sebagai penyerapan air sehingga ke depan Kota Kupang tidak hanya menjadi sejuk namun penyediaan air tanah juga menjadi semakin baik," ujarnya. 


Wali Kota juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga bagi semua yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon untuk mendukung gerakan Kupang Hijau dan aksi peduli hijaukan Kota Kupang. Ditambahkannya bahwa yang dilakukan adalah bentuk tanggung jawab bersama untuk memajukan dan menghijaukan Kota Kupang lewat penanaman pohon, untuk itu dia meminta agar semua yang berpartisipasi menjadi pembawa pesan bagi seluruh keluarga dan kenalan untuk ikut terlibat dalam menanam pohon di lingkungan masing-masing demi kebaikan bersama yang manfaatnya akan dirasakan 10 hingga 20 tahun yang akan datang.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kupang Frengki Amalo, S.Sos., MM yang turut serta menanam pohon menuturkan bahwa aksi penanaman pohon dalam rangka mendukung gerakan Kupang Hijau ini sangat memberikan nilai plus bagi pemerintah dan masyarakat


“Ini adalah salah satu kegiatan yang sangat positif, sehingga melibatkan sejumlah elemen masyarakat, ini patut ditiru karena ini satu gerakan yang spontanitas namun menghasilkan antusiasme besar, terlihat dari banyaknya partisipan yang hadir," tambahnya. Menurutnya ini menandakan bahwa kesadaran dari masyarakat terhadap penghijauan di Kota Kupang sudah sangat baik untuk memperoleh lingkungan yang bersih, sehat dan indah. Diakuinya ternyata  minat masyarakat Kota Kupang untuk terlibat dalam menanam, menjaga Kota Kupang lewat penghijauan cukup tinggi. Dia berharap semoga kedepan kegiatan semacam ini bisa dilanjutkan di lokasi yang lain.


Lurah Manulai II, Meksain Mauk dalam kesempatan yang sama berterima kasih atas program penanaman pohon dan sangat mendukung penanaman pohon tersebut dalam rangka menggalakkan gerakan Kupang Hijau. Menurutnya Kota Kupang perlu untuk dihijaukan melalui penanaman pohon karena penanaman pohon berdampak pada ketersediaan air tanah dan terciptanya udara yang segar dan bersih.  Oleh sebab itu, menurutnya penanaman pohon harus terus dilakukan dan tentunya perawatan dan pertumbuhan menjadi tanggung jawab bersama.


Dino Franklin Edwarsius selaku senior Mahasiswa Universitas Nausa Cendana Program Studi Agro Tekhnologi yang turut hadir bersama 29 Mahasiswa lainnya dalam aksi peduli gerakan kupang hijau menjelaskan bahwa kehadiran mahasiswa bukan hanya sebatas menanam pohon untuk menghijaukan Kota Kupang tapi lebih dari itu, diharapkan bahwa setelah pohon-pohon ditanam, lokasi penanaman pohon menjadi terlihat lebih baik karena ada tambahan tanaman berupa sejumlah pohon yang ditanam. Franklin menekankan bahwa sebagai mahasiswa, siap untuk bersinergi dengan pemerintah bekerja sama menanam pohon demi menghijaukan Kota Kupang.(***).

0/Komentar/Komentar

Lebih baru Lebih lama

Responsive Ad Slot

Responsive Ad Slot